Sabtu, 27 April 2024

Cak Imin Siap Berikan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan untuk Petani

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Muhaimin Iskandar cawapres nomor urut 1 berdialog dengan kelompok petani di Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/1/2023). Foto: Istimewa

Muhaimin Iskandar Calon Wakil Presiden RI Nomor Urut 1 pada Pilpres 2024 menjanjikan BPJS Kesehatan atau Ketenagakerjaan untuk para petani.

Janji itu, kata Cak Imin, akan dipenuhi kalau Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

“BPJS ini penting untuk para petani yang tidak tersentuh harkat pekerjanya,” ujarnya usai berdialog dengan petani, di Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/1/2024).

Menurut Cawapres dari Koalisi Perubahan, petani juga merupakan pekerja yang membutuhkan jaminan kesehatan dan keselamatan.

“Petani juga pekerja, butuh jaminan keselamatan, butuh jaminan kesehatan, butuh masa tua. Karena itu, BPJS yang dijalankan Bupati Bandung betul-betul menjadi contoh dan layak diaplikasikan ke tingkat nasional,” sambungnya.

Sedangkan terkait pertanian, Cak Imin menyebut permasalahannya masih sama dengan daerah lain seperti kelangkaan pupuk, harga pangan pascapanen yang tidak stabil, air dan lain-lain.

“Pertama, kelangkaan pupuk sekaligus inovasi untuk mencari pupuk alternatif. Ini yang harus disediakan dan difasilitasi oleh negara dan pemerintah. Kedua, harga pokok produksi pertanian yang dilepas ke pasar tidak stabil dan cenderung merugikan para petani. Sehingga biaya produksi tinggi harga jualnya rendah. Itu yang membuat petani tidak mendapat untung,” lanjutnya.

Ketua Umum PKB menuturkan, para petani juga membutuhkan apa yang disebut sebagai bagian dari kebijakan.

“Jadi, petani tidak hanya menerima keputusan pemerintah saja. Tapi, petani harus terlibat di dalam proses pengambilan keputusan,” tandasnya.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs