Selasa, 21 Mei 2024

China Tegaskan Tak Akan Toleransi Separatisme di Taiwan dan Campur Tangan Asing

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Admiral Dong Jun Menteri Pertahanan China Admiral Dong Jun Menteri Pertahanan China di Beijing, China, Selasa (2/4/2024). Foto: HO-Humas Kemhan/aa.

Admiral Dong Jun Menteri Pertahanan China dalam perbincangan melalui telekonferensi video dengan Lloyd Austin Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), mengatakan China tidak akan membiarkan tindakan separatis di Taiwan dan campur tangan asing dalam kegiatan tersebut.

“Tentara Pembebasan Rakyat China tidak akan pernah mentolerir kegiatan separatis di Taiwan dan dukungan terhadap kegiatan itu dari luar negeri,” kata Jun kepada Lloyd seperti dilansir Antara, Rabu (17/4/2024).

Menteri Pertahanan China itu menambahkan, bahwa masalah Taiwan merupakan landasan kepentingan inti China dan tidak boleh dilanggar.

Dong juga meminta Washington untuk menghormati kedaulatan wilayah China di Laut China Selatan serta kepentingan maritimnya.

“AS harus mengakui sikap tegas China dan benar-benar menghormati kedaulatan wilayahnya di Laut China Selatan dan kepentingan maritimnya, menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan dalam hubungan antara angkatan bersenjata China dan AS dengan tindakan nyata,” katanya.

Selain itu, kata Jun, situasi di Laut China Selatan stabil secara umum, dengan negara-negara di wilayah itu “memiliki keinginan, kebijaksanaan dan kapasitas untuk menyelesaikan semua masalah.” (ant/sya/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs