Sabtu, 27 April 2024

Ganjar Sebut Kesehatan Jadi Tumpuan Membangun Pendidikan dan Kebudayaan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ganjar Pranowo calon presiden (capres) nomor urut 3 dalam debat kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU RI.

Ganjar Pranowo calon presiden (capres) nomor urut 3 menyatakan sektor kesehatan menjadi tumpuan untuk membangun sektor pendidikan dan kebudayaan yang lebih baik ke depannya. Pernyataan itu disampaikan Ganjar dalam debat kelima Pilpres 2024, Minggu (4/2/2024).

Menurut Ganjar fasilitas kesehatan di daerah terisolir belum terpenuhi. Oleh sebab itu dirinya bersama Mahfud MD cawapres nomor urut 3 akan menyediakan satu desa, satu fasilitas kesehatan, dan satu tenaga kesehatan.

Capres nomor urut 3 itu berkomitmen agar semua lapisan masyarakat nantinya termasuk masyarakat adat mendapatkan akses kesehatan yang merata.

“Kalau itu semua sudah baik maka pendidikan dan kebudayaan mesti kita bangun bersama. akses pendidikan yang baik lebih inklusi kemudian kurikulum yang mantap, dan tentu saja fasilitas yang diberikan harus bisa memberikan anak-anak didik kita termasuk nasib guru dan dosen,” kata Ganjar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat.

Selanjutnya, Ganjar menyinggung pesan Kalis Mardiasih seorang penulis sekaligus aktivis perempuan asal Yogyakarta. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu diminta untuk memperhatikan nasib penyandang disabilitas dan hak perempuan.

“Tolong betul agar sekolah makin inklusif dan tidak diskriminatif (terhadap penyandang disabilitas),” kata Ganjar.

Menurut Ganjar, pendidikan dan skill yang didapatkan oleh penyandang disabilitas di lingkup sekolah bakal mendorong mereka untuk mendapatka hak pekerjaan yang lebih layak.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain itu, KPU melaksanakan lima debat peserta Pilpres 2024 yang dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024. Hari ini, merupakan debat edisi terakhir.

Tema debat Pilpres untuk capres kali ini adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat Pilpres ketiga ini dipandu oleh dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Keduanya merupakan presenter TVOne. Selain itu ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para capres.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (wld/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
33o
Kurs