Selasa, 14 Mei 2024

Ganjar Tawarkan ‘Kesepakatan Sementara’ untuk Redam Konflik Laut China Selatan, Anies: Kuncinya ASEAN

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ganjar Pranowo calon presiden nomor urut 3 saat menjawab pertanyaan Anies Baswedan calon presiden nomor urut 1 dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU RI.

Ganjar Pranowo calon presiden nomor urut 3 menyebut tentang ‘kesepakatan sementara’ untuk meredam konflik yang terjadi di Laut China Selatan.

Penjelasan Ganjar itu menjawab pertanyaan panelis soal apa inisiatif baru yang ditawarkan pasangan calon agar Indonesia berkontribusi untuk meredam konflik Laut China Selatan.

“Usulan kami jelas dan clear, itu kesepakatan sementara, kenapa itu mesti kita dorong? Agar kita bisa mencegah sesuatu yang tidak kita inginkan. Kita tahu persis modernisasi peralatan Tiongkok selesai 2027, apa artinya? Kalau kita bicara one China policy, maka selurh dunia akan mengakui peran itu,” kata Ganjar dalam Debat Ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Tak hanya itu, Ganjar juga menuturkan bahwa Indonesia bisa berkontribusi menjaga kedamaian dengan memperketat patroli di Laut China Selatan.

“Patroli diperkuat di China Selatan kita butuh tank terapung yang diapkai untuk tentara dan TNI untuk berpatroli sehingga logistiknya murah karen tidak kembali ke titik awal,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Anies Baswedan capres nomor urut 1 menyebut bila kata kunci untuk menyelesaikan konflik di Laut China Selatan tidak ada kata ASEAN.

“Jawaban pak Ganjar tidak ada satu kata pun menyebut ASEAN,” tuturnya.

Menurut Anies, Indonesia harus berperan dalam setiap pertemuan di ASEAN utuk membahas persoalan yang berlangsung selama 20 tahun.

“Dalam menyelesaikan masalah ini kuncinya adalah ASEAN, Indonesia harus kembaloi pemimpin asean yang dominan bukan hanya hadir dalam summit ASEAN. Kita menjagkau semua dan semua negara ASEAN yang jadi pintu masuk Tiongkok itu akan menjadi bagian dalam kesepakatan di Laut China Selatan, maka kita menghadapinya secara regional bukan hanya Indonesia dan Indonesia memimpin yang harus memimpin ASEAN,” jelas Anies.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain itu, KPU melaksanakan lima debat peserta Pilpres 2024 yang dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Tema debat Pilpres kali ini adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Debat Pilpres ketiga ini dipandu oleh dua moderator, yakni Ariyo Ardi pemred Global TV dan Anisha Dasuki presenter iNews. Terdapat 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para capres.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (wld/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
25o
Kurs