Minggu, 14 Juli 2024

Gibran Janji Kembalikan Tujuan Reforma Agraria

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Gibran Rakabuming Raka calon wakil presiden RI nomor urut 2 dalam debat keempat pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Foto: Tangkapan Layar YouTube KPU RI.

Gibran Raka Bumingraka Cawapres nomor urut 2 menyatakan komitmennya untuk kembalikan tujuan reforma agraria ke tujuan awal berdasarkan konstitusi. Yakni mengurangi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah dalam rangka menciptakan keadilan.

“Untuk program reforma agraria akan kami kuatkan dan sempurnakan,” kata Gibran di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Menurut putra sulung Joko Widodo Presiden itu, kunci untuki mengurangi konflik tanah dan mengembalikan tujuan awal reforma agraria adalah dengan digitalisasi.

Selai itu Gibran menilai, Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), hingga kebijakan satu peta atau one map policy yang ada saat ini penting untuk dilanjutkan untuk ke depannya.

Mengenai penyelesaian konflik tanah, Gibran mencontohkan Kota Solo yang diberi predikat kota lengkap dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Kemarin saya dan Pak Ganjar (mantan Gubernur Jawa Tengah) juga sempat mendapatkan predikat kota lengkap di Kota Solo. Jadi, solo ini dari BPN sudah mendapatkan predikat kota lengkap,” ujar Gibran.

Gibran mengklaim bahwa garis-garis batas tanah di wilayah Solo sudah tercatat seluruhnya secara digital berbasis data. Melalui sistem seperti itu, Gibran menyebut konflik tanah bisa dikurangi.

“Garis-garis batas tanah-tanah wilayahnya sudah ter-capture semua, sehingga nanti, akan mengurangi konflik-konflik tanah, mafia tanah, karena semuanya sudah ter-capture secara digital di data base-nya BPN,” ucap Gibran.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain itu, KPU melaksanakan lima debat peserta Pilpres 2024 yang dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Tema debat Pilpres untuk cawapres kali ini adalah pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam dan energi, lingkungan hidup, energi, pangan, dan masyarakat adat dan desa.

Debat Pilpres ketiga ini dipandu oleh dua moderator, yakni Retno Pinasti Editor in Chief SCTV dan Zilvia Iskandar news anchor Metro TV. Selain itu ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (wld/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 14 Juli 2024
23o
Kurs