Jumat, 17 Mei 2024

Golkar Siapkan Poros Baru, Usung Ketua Projo Jatim di Pilkada Surabaya

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
M. Sarmuji Ketua Golkar Jatim (kanan) dan Bayu Airlangga Wakil Ketua Golkar Jatim serta Ketua Projo Jatim ditemu di kantor partainya di Surabaya, Kamis (2/5/2024). Foto: Istimewa

Partai Golkar Jawa Timur (Jatim) berencana membuat poros baru di Pilkada Surabaya 2024 dengan mengusung kadernya, Bayu Airlangga yang juga Ketua Pro Jokowi (Projo) Jatim.

Namun untuk mengusung Ketua Projo Jatim itu, Golkar masih membutuhkan lima kursi lagi. Sebab, kata M. Sarmuji Ketua DPD Golkar Jatim, pihaknya masih memiliki lima kursi di DPRD Kota Surabaya.

“Karena kalau kami sendiri masih belum cukup kursi, mengingat jumlah kursi kami hanya lima kursi di Surabaya. Kami butuh lima kursi lagi untuk mengusung Mas Bayu,” kata Sarmuji dikonfirmasi, Kamis (2/5/2024).

Di sisi lain, menurut Aan Ainur Rofik Wakil Sekretaris Bidang Kaderisasi DPD Golkar Jatim, Bayu merupakan sosok muda yang potensial untuk memimpin Kota Pahlawan lima tahun ke depan.

“Bayu sosok muda, punya jejaring pemerintahan. Bayu juga memiliki visi dan misi ke depan, ini penting menjadikan Kota Surabaya sebagai pusat jasa dan perdagangan pascaperpindahan IKN,” kata Aan.

Aan mengatakan Bayu memiliki pengalaman sebagai Anggota DPRD Jatim periode 2019-2024. Selain itu, menantu Soekarwo (Pakde Karwo) Mantan Gubernur Jatim itu juga memiliki relasi dengan tokoh-tokoh politik nasional.

Politisi Golkar itu berharap agar Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo-Gibran dalam Pemilu 2024 sebelumnya kembali bersatu untuk mendukung Bayu di Pilkada Surabaya 2024.

“Tinggal duduk bersama dengan parpol Koalisi Indonesia Maju. Saya yakin ada semangat bersama untuk membawa Surabaya lebih baik ke depannya,” kata Aan.

Sebelumnya, nama Bayu Airlangga yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Golkar Jatim masuk bursa cawali Surabaya 2024 menurut survei ARCI.

Elektabilitas Ketua Projo Jatim berada di angka 8,7 persen. Ia berada di bawah Armuji Wakil Wali Kota Surabaya di angka 11,7 persen dan Reni Astuti Wakil Ketua DPRD Surabaya dengan 9,2 persen. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
30o
Kurs