Minggu, 16 Juni 2024

Hasto PDIP: Politik Harus Belajar dari Olahraga

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDIP saat menyerahkan obor api perjuangan kepada Komarudin Watubun Ketua DPP PDIP bidang Kehormatan di lokasi Rakernas V , Ancol, Jakarta Utara, Kamis (23/5/2024). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) mengatakan, pihaknya tak mengenal kata lelah jika berjuang untuk bangsa dan negara Indonesia, di mana semangat ini yang dibawa dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V partainya yang akan dimulai pada Jumat 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta.

“Kita tidak pernah mengenal kata capek selama perjuangan itu ditujukan untuk bangsa dan negara Indonesia. Dan untuk itulah PDI perjuangan melalui Rakernas ke-V ini setelah sebelumnya kita menghadapi kegelapan demokrasi akibat sisi-sisi gelap kekuasaan, maka kami menyalakan semangat dengan berdasarkan kepada semangat berdiri di atas kaki sendiri,” kata Hasto usai berlari bersama rombongan pembawa Obor Api Perjuangan ke arena rakernas di Ancol, Jakarta, Kamis (23/5/2024).

Politisi asal Yogyakarta ini menuturkan, lari bukan hanya menyehatkan jiwa dan raga semata, tapi dari olahraga tersebut seseorang bisa mengalahkan dirinya sendiri.

“Dengan lari kita bisa belajar, bahwa seorang harus mengalahkan dirinya sendiri mengalahkan terhadap ambisi kekuasaan, mengalahkan terhadap berbagai kegodaan gemerlapnya kekuasaan. Dan berlari ini kita berdikari karena kita tidak mungkin meminjam kaki orang lain, tetapi kita menggunakan kaki kita dengan semangat kita saudara-saudara sekalian,” tutur Hasto.

Alumnus Universitas Pertahanan (Unhan) ini menceritakan bagaimana dirinya berlari kurang lebih 6 kilometer dan merasakan semangat para pelari maraton yang membawa Obor Api Perjuangan. Diketahui, api obor tersebut merupakan api abadi dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah yang diambil dari Jumat pekan lalu.

“Untuk itu, api itulah yang harus kita nyalakan, meskipun kita menghadapi tantangan yang tidak mudah. Tetapi kita diajarkan oleh proklamator bapak bangsa kita Bung Karno, bahwa api perjuangan PDI Perjuangan tidak pernah padam ketika rakyat akar rumput bersatu bersama kita saudara-saudara sekalian,” jelas Hasto.

Dia pun berharap, apa yang dilakukan PDIP ini bisa menggelorakan semangat sportivitas, di mana politik harus belajar dari dari olahraga.

“Politik harus belajar dari olahraga, politik sering diwarnai oleh ambisi kekuasaan, politik sering diwarnai oleh jalan pintas. Olahraga tidak mengenal jalan pintas tidak mengenal politik karbitan saudara-saudara sekalian,” ungkap Hasto.

“Di dalam olahraga semua taat pada aturan main, di dalam olahraga wasit pun netral, di dalam olahraga sportivitas dikedepankan, tidak ada yang curang tanpa diketahui oleh wasit. Mari di tengah-tengah sisi-sisi gelap demokrasi ini kita belajar dari olahraga,” sambungnya.

Pihaknya pun percaya anak-anak muda Indonesia mampu membangun jiwa sportivitas seperti olahraga.

“Kita percaya pada anak-anak bangsa bahwa mereka lebih suka mengejar prestasi meskipun harus jatuh bangun di dalam keyakinan. Itulah PDI Perjuangan belajar dari setiap peristiwa politik dan kali ini kita belajar dari dunia olahraga,” jelas Hasto.

“Semoga politik terinspirasi oleh dunia olahraga itu. Maka mari kita tunjukkan budaya prestasi, kita tunjukkan budaya proses, kita tunjukkan suatu budaya fairness dan olahraga itu artinya terus maju, maju, maju tidak pernah mundur, semangat terus maju itulah yang kita gelorakan,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu pun, Hasto berharap dan mengingatkan agar anak muda Indonesia sehat dengan olahraga dan makanan yang bergizi sebagaimana pernah digelorakan Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP.

“Melalui program kecukupan gizi yang terus digelorakan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri maka kita akan dapat menjadi bangsa yang hebat, anak-anak yang sehat, anak-anak yang punya semangat dan sekali lagi yang menghargai sportivitas,” pungkasnya. (faz/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
29o
Kurs