Jumat, 12 April 2024

Kian Mesranya Ganjar-Anies Munculkan Skenario Gagalkan Prabowo Menang Satu Putaran

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Anies Rasyid Baswedan calon presiden nomor urut 1 saat menjawab pertanyaan Ganjar Pranowo calon presiden nomor urut 3 dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU RI.

Hubungan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo calon presiden (capres) nomor urut 1 dan 3 kian mesra menjelang dimulainya Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 mendatang.

Anies sempat memberi ucapan ke PDI Perjuangan di hari ulang tahunnya ke-51. Ucapan itu disematkan Anies melalui media sosial instagram resminya, @aniesbaswedan pada Rabu (10/1/2024).

“Selamat HUT ke-51 PDI Perjuangan 10 Januari 2024 dari Anies R Baswedan,” tulis Anies di akun instagramnya.

Hal serupa juga dipertontonkan Cawapres Anies, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang memberi ucapan HUT ke-51 PDI Perjuangan di akun X-nya, dengan nama @cakimiNOW lewat unggahan video.

“Dirgahayu @PDI_Perjuangan yang ke 51. Turut bahagia dan bangga. Semoga senantiasa konsisten mengabdikan diri bagi tegaknya NKRI dan terwujudnya masyarakat adil makmur dam sejahtera,” tulis Cak Imin dikutip melalui akun X-nya.

Ucapan Cak Imin pun direspon hangat oleh Ganjar dengan menanyakan kapan kesempatan ngopi bersama dan menanyakan burung love bird warna hijau-merah yang pernah mereka tukar.

“Suwun ucapan dan doanya cak. Kapan ngopi lagi? Eh burung love birdnya apa kabar?” respon Ganjar menanggapi ucapan Cak Imin.

Cak Imin juga membalas ucapan terimakasih Ganjar. “Selamat mas @ganjarpranowo Dirgahayu @PDI_Perjuangan Merdeka!!! Lovebirdnya terjaga dengan baik semoga segera bertelur,” kata Cak Imin.

Apakah koalisi Ganjar-Anies akan bersatu di putaran kedua Pilpres ?

Gelagat mesra yang ditunjukkan dua pasangan calon ini bisa jadi hanya sekedar komunikasi politik untuk mencapai tujuan yang sama, tapi hanya dalam waktu sementara.

Kata Moch. Mubarok Muharam Pakar Politik Universitas Negeri Surabaya (Unesa), keakraban yang disuguhkan dua paslon ini untuk menyamakan persepsi supaya Pilpres 2024 tidak terjadi satu putaran.

Menurut Mubarok, Anies-Ganjar berharap Pilpres 2024 bisa berlangsung dua putaran. Langkah politik ini tentunya ingin menjegal kemenangan Prabowo-Gibran paslon nomor urut 2.

“Karena target Prabowo itu kan satu putaran, Anis dan Ganjar tidak menginginkan satu putaran. Mereka berharap keinginan Prabowo satu putaran itu tidak terjadi,” katanya kepada suarasurabaya.net, Jumat (12/1/2024).

Namun bayang-bayang menyatukan dua koalisi yang mengusung gagasan misi “Gerak Cepat” dan “Perubahan” ini dianggap masih sulit karena perbedaan tujuan yang sangat mencolok.

Katakanlah tujuan Anies dan Ganjar untuk melangsungkan dua putaran tercapai, Mubarok menyebut keduanya belum tentu bersatu.

“Meskipun terpenuhi kedua kubu koalisi ini bergabung masih jauh. Sebab masih diperlukan pikiran panjang, penyelarasan dua irisan ideologi pemikiran masing masing partai pengusung. Dan juga visi-misi,” katanya.

Skenario menjegal Prabowo-Gibran di satu putaran itu mulai terlihat waktu debat Pilpres ketiga yang diikuti masing-masing capres pada Minggu (7/1/2024) di Istora Senayan, Jakarta.

Debat panas yang mengusung Tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik itu justru tak bisa dikuasi Prabowo yang notabennya sebagai Menteri Pertahanan.

Sebaliknya, Ganjar dan Anies justru tampil gemilang. Ganjar memamparkan data lengkap soal Pertahanan sedangkan Anies berulangkali mencecar Prabowo soal etik dan kesejahteraan Tentara Nasional Indonesia.

“Dari sisi Ganjar dan Anies pun juga mengusahakan di dalam sesi debat, yang di mana selalu berusaha merugikan si Prabowo,” kata Mubarok.

Misi keduanya dalam debat kemarin bertujuan untuk mengurangi elektoral Prabowo di mata masyarakat. “Skenario dibangun mereka ini usai debat, adalah menyusutkan suara Prabowo,” katanya.

Sementara itu Suko Widodo Pakar Komunikasi Politik Universitas Airlangga (Unair) melihat tidak ada pola komunikasi terstruktur yang ditunjukkan dua paslon ini, meskipun terlihat mesra.

Menurut Suko, kedekatan komunikasi dua paslon ini hanya sekedar ditampilkan dari masing-masing akun sosial media pribadinya.

“Saya kadang-kadang melihat tidak terpola komunikasi politiknya dan medianya tidak bagus,” ujar Suko.

Senada dengan Mubarok, Suko juga beranggapan kalau bergabungnya dua koalisi dari Anies dan Ganjar adalah strategi yang sukar dilakukan. Meskipun politik bakal berjalan dinamis.

“Jadi ya ngurusi yang putaran pertama aja belum selesai kok mikir putaran kedua. Kalau mau fokus ya kerja dulu. Kalau soal koalisi apa kata nanti ya,” jelasnya.

Akar Rumput Relawan Ganjar dan Anies Gelar Pertemuan di Surabaya

Relawan Ganjar dan Anies sempat menggelar pertemuan di sebuah resto Jalan Diponegoro, Kota Surabaya pada Selasa (9/1/2024). Pertemuan itu didasari kegelisahan para relawan tentang demokrasi Indonesia yang sedang tidak baik-baik saja.

Kata Warsito relawan AMIN, demokrasi menjelang Pilpres 2024 semakin tergerus dengan berbagai langkah politik untuk memenangkan golongan tertentu.

“Sehingga rekan-rekan dari 03 mencoba untuk menghubungi kita, tujuannya satu. Menyelamatkan demokrasi,” kata Warsito di resto Jalan Diponegoro.

Warstio berharap, upaya menyelamatkan demokrasi dari relawan Anies dan Ganjar bisa dilakukan oleh relawan di wilayah lain.

“Agar kita menyuarakan bagaimana penyelamatan demokrasi itu, sehingga yang kita harapkan Pilpres, Pileg itu juga berjalan sesuai dengan asas demokrasi,” tandasnya.

Khusnan Hadi selaku relawan Ganjar juga menuturkan hal yang sama. Ia menyebut pertemuan ini adalah inisiatif akar rumput untuk menyelamatkan demokrasi di Indonesia.

“Semoga ini akan menjadi awal untuk gerakan perlawanan di seluruh daerah di Indonesia, bahwa saat ini demokrasi tidak sedang baik-baik saja,” kata Khusnan.

Kedua Kubu Saling Bantah Ada Niatan Menyatukan Koalisi, Fokus Menang Satu Putaran

Cak Imin Cawapres nomor urut 1 waktu menghadiri konsolidasi Relawan AMIN di DBL Arena, Surabaya, Rabu (10/1/2024), tak banyak merespon waktu ditanya kemungkinan bersatunya koalisi AMIN dengan Ganjar-Mahfud.

“Belum dipikirkan,” jawab singkat Ketua Umum PKB itu.

Cak Imin mengatakan, saat ini pihaknya sedang fokus memenangkan AMIN dalam satu putaran pilpres. “Kita fokus menang satu putaran,” kata dia.

Sedangkan Laksamana Madya (Purn) Agus Setiadji Ketua Tim Kampanye Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Jatim mengaku bila tidak ada instruksi dari TPN untuk menyatukan relawan Ganjar dan Anies.

Agus menyebut, bila unsur relawan di TPD dibebaskan bergerak secara mandiri. Terkait pertemuan kedua relawan di resto itu, Agus menyebut itu adalah inisiatif para relawan.

“Kalaupun mereka mau datang ke sana silahkan saja. Itu merupakan hak masing-masing, kreativitas relawan,” katanya ditemui di Kantor TPD Ganjar-Mahfud, Selasa (9/1/2024) malam.

Pensiunan TNI AL itu menegaksan, bila arahan dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) sampai saat ini adalah memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud di Jatim.

“Tugas utama kita adalah memenangkan Ganjar-Mahfud, kita perlu satu putaran,” tandasnya. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 12 April 2024
27o
Kurs