Senin, 29 April 2024

KPAI Catat Banyak Anak Dibawa ke Arena Kampanye Pemilu 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi kampanye pemilu. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat paling banyak pelanggaran hak anak selama rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) yakni membawa anak ke arena kampanye.

“Ini paling banyak, paling susah dicegah, baik kampanye-kampanye rapat umum maupun kampanye dalam bentuk perkumpulan komunitas,” kata Sylvana Apituley anggota KPAI dilansir Antara, Selasa (6/2/2024) tengah malam.

Selama satu tahun pengawasan KPAI dalam rangkaian kontestasi Pemilu 2024, ada enam kasus yang diadukan kepada KPAI, dan 47 kasus temuan KPAI di media sosial.

Menurutnya, dari sejumlah kasus itu, ada 15 bentuk pelanggaran hak anak selama Pemilu 2024.

“Kami menemukan ada pengulangan pelanggaran, juga ada pelanggaran yang baru,” kata Sylvana Apituley.

KPAI mencatat hanya sedikit peserta Pemilu 2024 yang sungguh-sungguh memberikan kepentingan terbaik bagi anak dan menggunakan perspektif hak anak ketika berkampanye.

“KPAI mendapatkan laporan bahwa hanya segelintir saja peserta Pemilu yang sungguh-sungguh mengutamakan kepentingan terbaik bagi anak dan menggunakan perspektif hak anak ketika mereka berkampanye,” katanya

“Kami mendapatkan informasi langsung dari mereka, di mana mereka memfasilitasi ruang khusus bermain untuk anak ketika sedang melakukan pertemuan di komunitas,” tambah Sylvana Apituley. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs