Jumat, 12 April 2024

KPU Sebut Info Hasil Penghitungan Suara Pilpres 2024 dari Luar Negeri yang Beredar Hoaks

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Hasyim Asy'ari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI saat membuka debat kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC), Minggu (5/2/2024). Foto: Tangkapan Layar YouTube KPU RI.

Hasyim Asy’ari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menepis kabar mengenai publikasi hasil perolehan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) pada Pemilu 2024 yang berasal dari luar negeri.

Dalam keterangannya, hari ini, Kamis (8/2/2024), di Jakarta, Hasyim mengatakan, ada tiga metode pemungutan suara di luar negeri, yaitu tempat pemungutan suara (TPS), melalui Pos, dan kotak suara keliling.

Dia bilang, proses pemungutan suara di luar negeri memang lebih dulu daripada pemungutan suara di dalam negeri.

Tapi, waktu penghitungan suara dari luar negeri bersamaan dengan waktu penghitungan suara dalam negeri, mulai tanggal 14 sampai 15 Februari 2024.

Maka dari itu, dia menegaskan informasi tentang publikasi hasil penghitungan suara dari luar negeri yang beredar tidak benar alias hoaks.

“Bila sudah ada publikasi hasil penghitungan suara luar negeri sebelum 14 Februari 2024, kami pastikan itu adalah tidak benar,” ujarnya.

Beberapa hari menjelang pemungutan suara, isu publikasi hasil pemungutan suara Pemilu 2024 dari luar negeri beredar di media sosial.

Di Malaysia, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar disebut mendapat 9,5 persen suara, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 83,2 persen, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 7,3 persen suara.

Lalu, di Korea Selatan, Anies-Muhaimin disebut meraup 9,5 persen suara, Prabowo-Gibran 85,2 persen, dan Ganjar-Mahfud 5,3 persen.

Sedangkan di Jepang, Anies-Muhaimin memperoleh 19,5 persen suara, Prabowo-Gibran 75,2 persen, dan Ganjar-Mahfud MD 5,3 persen.

Seperti diketahui, KPU RI menetapkan tiga pasangan capres-cawapres yang berkontestasi di Pemilu 2024

Penetapan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD berdasarkan hasil verifikasi berkas yang masuk selama proses pendaftaran.

Ketiga pasangan tersebut memenuhi ketentuan dukungan 25 persen suara sah nasional hasil Pemilu 2019, dan dinyatakan sehat oleh Tim Dokter RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 12 April 2024
27o
Kurs