Senin, 29 April 2024

Luncurkan Aplikasi Warga Jaga Suara, Eep Ajak Masyarakat Ikut Kawal Pemilu

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Eep Saefulloh Fatah (dua dari kanan) saat berbicara di Ngobrolin People Power 14 Februari 2024 Bersama Masyarakat Jurdil di TPS yang diselenggarakan Santri Spartan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (26/1/2024). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Menjelang Pemilu 2024, Eep Saefulloh Fatah pendiri sekaligus pemimpin di PolMark Research Centre memperkenalkan aplikasi warga jaga suara untuk mencegah potensi terjadinya kecurangan saat hari pencoblosan 14 Februari mendatang.

Eep mengaku dirinya menerima ajakan dari sejumlah pihak hal apa yang bisa dikerjakan secara konkret oleh setiap orang menyambut 14 Februari.

“14 Februari bisa disebut hari sakral yang kita sebut perlawanan 14 Februari. Saat ini bisa masuk ke google playstore. Masuk ke aplikasi warga jaga suara,” ajak Eep saat berbicara di Ngobrolin People Power 14 Februari 2024 Bersama Masyarakat Jurdil di TPS yang diselenggarakan Santri Spartan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (26/1/2024).

Aplikasi ini kata Eep bisa dipergunakan siapapun untuk 4 hal. Pertama, untuk melaporkan potensi pelanggaran. Misalnya ada yang bagi bansos. Ada stiker paslon. Ini bisa dilaporkan. Silahkan dilaporkan semua potensi pelanggaran.

“Kami tidak jadi partai atau tim pemenangan. Tapi laporan yang masuk kami koneksikan dan lapor ke tim pemenangan termasuk yang dilaporkan berpotensi melanggar,” kata Eep.

Dia menyebut tidak semua warga tahu akan aturan untuk itu warga dipersilahkan untuk melaporkan di aplikasi karena semua laporan akan difilter dan dikalibrasi. “Prinsipnya ini kerja warga. Bukan keberpihakan,” ucapnya.

Kedua, Eep mengatakan momen saat hari H pencoblosan menyangkut C1 plano karena bagian penting pengitungan suara. “C1 plano yang akan ditulisi pertama terkait pilpres. Warga yang di TPS kami anjurkan foto dan kirim C1 plano ke kami,” lanjut Eep.

Dia mengatakan aplikasi ini tidak menggunakan foto C1 plano KPU. Namun aplikasi ini akan menjadi alat hitung cepat berbasis warga.

Hal ketiga di aplikasi ini meski inisiatifnya tidak wajib yakni mengisi formulir perhitungan suara pilpres di TPS. Ini tidak wajib. Namun akan membantu.

Keempat, Eep mengajak warga yang peduli dan ingin menggunakan aplikasi ini agar memasukkan data diri agar tercatat sebagai relawan warga jaga suara. Dia meminta warga untuk memoto jari yang sudah mencoblos di aplikasi. Dia menambahkan foto relawan yang memilih golput pun bisa jadi relawan. Dengan memoto salam Pancasila, yakni salam 5 jari.

“Ini aplikasi sederhana supaya bisa dipergunakan,” pungkas Eep.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs