Kamis, 16 Mei 2024

Malam Ini, Tiga Pasang Capres Akan Paparkan Gagasan Penguatan Antikorupsi di Kantor KPK

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang telah ditetapkan KPU RI, Senin (13/11/2024) untuk mengikuti kontestasi Pemilu 2024. Grafis: suarasurabaya.net

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), malam hari ini, Rabu (17/1/2024), menggelar program Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas), di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan.

KPK mengundang tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024.

Ali Fikri Kepala Bagian Pemberitaan KPK mengatakan, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Prabowo-Mahfud MD sudah mengonfirmasi kehadirannya.

“Tiga pasangan capres sudah konfirmasi akan hadir sesuai jadwal,” ujarnya di Jakarta.

Di forum itu, ketiga pasangan capres-cawapres akan memaparkan gagasannya untuk mengatasi persoalan korupsi di Tanah Air.

Sementara, Nawawi Pomolango Ketua Sementara KPK menjelaskan, Paku Integritas bukan forum debat atau adu program pemberantasan korupsi antarpasangan capres.

Nantinya, komisi antirasuah akan menyampaikan berbagai masalah dan hambatan dalam upaya pemberantasan korupsi.

Lalu, para pasangan capres berkesempatan menyampaikan ide dan gagasannya untuk mengatasi persoalan yang ada.

Sekadar informasi, Program Paku Integritas sudah dijalankan KPK dari tahun 2021. Kegiatan itu bertujuan memperkuat komitmen para pejabat untuk menghindari segala bentuk korupsi.

Sebelumnya, Senin (13/11/2023), KPU RI menetapkan tiga pasangan capres-cawapres untuk Pemilu 2024.

Penetapan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md berdasarkan hasil verifikasi berkas yang masuk selama proses pendaftaran.

Ketiga pasangan tersebut memenuhi ketentuan dukungan 25 persen suara sah nasional hasil Pemilu 2019, dan dinyatakan sehat oleh Tim Dokter RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs