Rabu, 17 Juli 2024

Mendagri Kembali Tegaskan ASN Wajib Menjaga Netralitas di Pilkada 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
M. Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri (Mendagri) saat diwawancarai awak media di Surabaya, Kamis (25/4/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net M. Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri (Mendagri) saat diwawancarai awak media di Surabaya, Kamis (25/4/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri (Mendagri) kembali menegaskan bahwa aparatur sipil negara (ASN) wajib menjaga netralitas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sesuai peraturan yang berlaku.

“Netralitas ASN sudah ada aturan di dalam Undang-Undang Pilkada dan juga diatur Kemenpan RB dan KASN serta lembaga lainnya,” ujar Tito Karnavian dilansir dari Antara pada Selasa (9/7/2024).

Dalam peraturan tersebut, kata dia, para ASN harus menjunjung netralitas pada pesta demokrasi karena ada sanksi-sanksi yang berlaku jika melanggarnya.

“Jika ada dugaan pelanggaran netralitas ASN mekanisme nya sama, yang pertama Bawaslu akan melakukan investigasi, bisa melakukan mediasi dan bisa juga dilanjutkan proses pidana dan sanksi yang lainnya,” tutur dia.

Selain itu, pihaknya akan mengaktifkan aparat pengawas internal pemerintah (APIP) guna memaksimalkan upaya menjaga netralitas ASN tersebut.

“Kalau ada dugaan pelanggaran netralitas ASN akan kita tindak lanjuti,” ucap Tito.

Mendagri juga menekankan pentingnya meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2024. Menurutnya, semakin tinggi partisipasi pemilih, maka legitimasi hasil Pilkada Serentak 2024 akan semakin kuat.

Untuk itu, dia mendorong pemerintah daerah (Pemda) agar turut berperan dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Tito mengatakan pihaknya telah menyerahkan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Data tersebut salah satunya mengenai jumlah masyarakat yang berusia 17 tahun saat pelaksanaan Pilkada pada 27 November 2024. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 17 Juli 2024
24o
Kurs