Rabu, 17 Juli 2024

PDIP Beri Kejutan Sosok Penantang Khofifah-Emil di Pilgub Jatim Akhir Juli

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Sri Untari Sekretrais DPD PDI Perjuangan Jatim waktu ditemui sesudah acara Bincang Politik di Pilgub Jatim di Surabaya, Rabu (10/7/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

PDI Perjuangan bakal mengumumkan calon penantang Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak duet petahan di Pemilihan Gubernur Jawa Timur pada akhir Juli 2024.

Pernyataan itu diutarakan Sri Untari Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur dalam acara Bincang Politik Pilgub Jatim Mencari Penangang Khofifah-Emil yang digelar Pokja Grahadi, Rabu (10/7/2024) di Surabaya.

“Tunggu akhir Juli ya,” ucap Untari di penghujung sesi diskusi.

Diumumkannya penantang Khofifah-Emil di akhir Juli itu bukan tanpa alasan. Sebab, DPD PDI Perjuangan Jatim tengah sibuk menata persiapan Pilkada di 38 kabupaten/kota.

Menurut Untari, dinamikan di Pilkada Kabupten/Kota juga tidak kalah dinamis dibanding pilkada provinsi. Oleh sebab itu, DPD PDI Perjuangan Jatim tengah membagi konsentrasinya.

“Memang kita sedang fokus konsentrasi di kabupaten/kota. Jujur sedang seperti itu, dan dinamikanya tinggi di masing-masing kabupaten kota, butuh telaah, butuh kajian,” ujarnya.

Sembari menata persiapan politik di Pilkada Kabupaten/Kota, Untari menyebut masing-masing DPC PDI Perjuangan di berbagai daerah juga melakukan penjaringan tahap satu untuk mengusulkan atau rekomendasi pada gelaran Pilgub Jatim.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim itu menyebut, penjaringan aspirasi itu dilakukan ke internal partai, para akademisi, hingga ke para ulama.
Hal itu dilakukan supaya mendapat calon terbaik untuk penantang Khofifah-Emil yang diusung Partai Banteng.

“Semuanya kita dengerin, jadi ini proses yang cukup berat. Supaya bisa mendapatkan calon yang baik, tidak hanya sekedar,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, PDI Perjuangan juga sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah politik lain yang belum mengusung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim, termasuk dengan pimpinan PKB, yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

“Komuniaksi politik dengan PKB sudah dibuka, dengan Cak Imin dengan Gus Halim. Kemudian, yak opo nek mau berangkat (bagaimana kalau mau berangkat di Pilgub), gitu itu sudah ada. Tetapi belum sampai pada yang serius duduk bareng yang sampai memutuskan, calon siapapun,” tuturnya.

Untari menegaskan, sesudah melewati berbagai tahapan dan prosedur partai, pihaknya akan segera mengumumkan sosok yang akan diusung di Pilgub Jatim mendatang.

“Akhir Juli itu kita survei. Maka kita lihat, potensi kalau kita nantang (Khofifah-Emil) misalkan ya, sampai seberapa sih (potensi menang),” tandas Untari.(wld/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 17 Juli 2024
27o
Kurs