Selasa, 25 Juni 2024

PDIP Minta Pilkada Serentak Jangan Jadi Ajang Pembenturan dengan Aparat

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Adian Napitupulu Ketua Tim Pemenangan Pilkada Nasional PDIP dalam jumpa pers di area Rakernas V, Ancol, Sabtu (25/5/2025). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

PDI Perjuangan (PDIP) melaporkan sejumlah kesiapan di masing-masing daerah dalam rangka menghadapi kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada Bulan November 2024 mendatang.

Satu di antara kesiapan yang telah dilakukan adalah pembentukan tim pemenangan Pilkada serentak secara nasional oleh Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDIP.

“Saat ini sudah dibentuk Tim Pemenangan Pilkada secara Nasional yang sudah ditandatangani SK-nya oleh Ketua Umum PDI-Perjuangan,” kata Adian Napitupulu Ketua Tim Pemenangan Pilkada Nasional PDIP, dalam jumpa persnya di arena Rakernas V, Ancol, Jakarta, Sabtu (25/5/2024).

Adian melaporkan bahwa dalam Pilkada serentak 2024 nanti, terdapat 142 Kabupaten/Kota di 11 Provinsi, PDIP bisa mencalonkan sendiri pasangan calon kepala daerah dan calon wakil Kepala daerah.

“Di luar daripada itu, kita membangun kerja sama dengan partai-partai yang lain,” ujarnya.

Sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional Pilkada Nasional, Adian menangkap pesan penting yang disampaikan oleh pengurus daerah PDIP di seluruh Indonesia. Mereka bersepakat, tak ingin apa yang terjadi pada Pilpres kemarin.

“Jangan ada lagi aparatur negara yang bekerja secara politik untuk kepentingan satu dua calon yang lain. Biarlah kemudian Pilkada ini memang yang diadu adalah Tim Pemenangan masing-masing, kemampuan partai politiknya. Jangan kita diadu dengan aparatur negara yang sama-sama kita biayai bersama-sama, itu tidak fair,” imbaunya.

PDIP ingin Pilkada nanti menjadi pertarungan yang sehat dan tidak menakutkan. Adian mengatakan, rakyat harus bisa datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) secara riang dan gembira.

“Dan memilih dengan bebas tanpa diintimidasi, distop fasilitasnya, dikurangi bantuan sosial dan sebagainya. Itu harapan kita sama-sama yang dapat saya simpulkan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam jumpa pers tersebut di antaranya Ono Surono Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Lasarus Ketua DPD Kalimantan Selatan, Rapidin Simbolon Ketua DPD Sumatera Utara, Andi Ridwan Wittiri Ketua DPD Sulawesi Selatan, Benhur G. Watubun Ketua DPD Maluku, dan Yoppy Ones Ketua DPD Papua Barat Daya.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
26o
Kurs