Minggu, 28 April 2024

Prabowo Gagas Pilot Project Rumah Panggung dan Terapung di Pantura, Digarap oleh Unhan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Prabowo Subianto Menteri Pertahanan waktu menjadi pembicara utama dalam seminar nasional yang mengangkat tema ‘Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall)’ di Jakarta, Rabu (10/1/2024). Foto: Istimewa

Prabowo Subianto Menteri Pertahanan (Menhan) menggagas dan menginstruksikan Universitas Pertahanan (Unhan) RI melaksanakan pilot project pembuatan rumah panggung dan terapung, untuk mengatasi kesulitan masyarakat yang menghadapi tantangan permukaan air tinggi.

“Jadi saya tugaskan Universitas Pertahanan untuk melakukan pilot project membuat pemukiman murah di kawasan terendam air,” ujar Prabowo saat menjadi keynote speaker (pembicara kunci) dalam seminar nasional bertajuk ‘Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall)’ di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Lebih lanjut Prabowo mengatakan, dengan bantuan PT PAL, PT Len, serta para engineer (insinyur) dari Universitas Pertahanan, saat ini telah ditemukan dua prototipe rumah murah terapung dengan nilai sebesar Rp130 juta.

“Dan kita sudah menemukan prototipe dibantu oleh PT PAL ahli kapal dan PT Len dengan para engineer dari Universitas Pertahanan. Kita menemukan 2 prototipe, rumah murah terapung yang nilainya 130 juta rupiah 1 rumah. Sudah termasuk sonar panel tenaga surya, dan septic tank. Jadi dia bisa hidup tanpa tergantung PLN dan dengan sanitasi yang bersih,” kata Prabowo.

Prototipe tersebut sudah dimulai. Menurut Prabowo, pihaknya menganggarkan sebesar Rp150 juta. Ia berharap dengan adanya program tersebut, masyarakat Indonesia yang tinggal di Pantura dapat hidup dengan layak.

Menteri Kementerian dan Kelautan disebut Prabowo juga telah melakukan program serupa dengan membuat desa nelayan. Menhan juga berharap dapat muncul replikasi-replikasi di sejumlah wilayah lainnya.

“Dan tentunya saya berharap nanti tokoh-tokoh, pengusaha dan sebagainya kalau ingin sedikit membantu, ya mungkin bisa ikut dalam projek ini. Saya juga mendorong kementerian-kementerian lainnya ikut mendukung dengan regulasi dan sebagainya supaya kita segera mengubah kualitas hidup rakyat kita,” pungkas Prabowo.

Prabowo pun mendukung realisasi giant sea wall di Pantura bersama menteri lainnya untuk mencegah warga terdampak banjir rob.

“Kita harus kumpulkan otak-otak terbaik bangsa. Percepat pembangunan giant sea wall,” ujarnya. (faz/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs