Senin, 29 April 2024

Puan Hadiri KTT Ketua Parlemen Perempuan Dunia di Prancis

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI. Foto: DPR RI

Puan Maharani Ketua DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Paris, Prancis. Kunker Puan ini dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ketua Parlemen perempuan dunia atau Women Speakers’ Summit 2024 di bawah naungan Inter-Parliamentary Union (IPU) yang merupakan asosiasi parlemen negara-negara di dunia.

Ada sejumlah agenda yang akan dilakukan Puan selama kunjungannya ke Prancis pekan ini. Sebelum menghadiri Women Speakers’ Summit 2024, Puan akan melakukan bilateral meeting dengan Madame Yaël Braun-Pivet Ketua Majelis Nasional Prancis.

Pertemuan Puan dengan Yaël Braun-Pivet diselenggarakan hari ini, Selasa (5/3/2024) di kantor Majelis Nasional Prancis atau National Assembly of French yang berada di Paris.

“Hubungan Indonesia-Prancis telah tumbuh dengan positif  lebih dari 73 tahun. Pertemuan DPR RI dengan National Assembly of French dapat mendorong semakin eratnya kerja sama kedua negara,” kata Puan.

Women Speakers’ Summit 2024 sendiri akan digelar selama dua hari yakni pada 6-7 Maret 2024. Forum ini merupakan wadah bagi ketua-ketua parlemen perempuan anggota IPU yang digelar untuk menegaskan kembali dukungan terhadap hak-hak perempuan.

Puan pun menyampaikan apresiasinya kepada Majelis Nasional Prancis yang telah menyelenggarakan KTT Ketua Parlemen perempuan tersebut.

“Selamat kepada Dewan Nasional Perancis atas inisiatif mengadakan Women Speakers’ Summit 2024. Saya merasa terhormat bisa hadir di forum yang penting ini,” ujarnya.

Dipimpin Yaël Braun-Pivet Ketua Majelis Nasional Prancis, rangkaian Women Speakers’ Summit 2024 diawali acara konferensi dengan beberapa wanita yang menginspirasi pada Rabu (6/3/2024). Acara digelar di Hotel de Lassay, Paris.

Forum tersebut akan diisi oleh Oleksandra Metviichuk, pemenang Nobel
Perdamaian 2022 dari Ukraina dan Nancy Pelosi, anggota dan Ketua
DPR Amerika Serikat (AS) periode 2007-2011 dan 2019-2023.

Kemudian Women Speakers’ Summit 2024 secara resmi akan dibuka pada Kamis (7/3/2024) pagi oleh Ketua Majelis Nasional Prancis Yaël Braun-Pivet. KTT diselenggarakan di Palais Bourbon yang merupakan gedung DPR Prancis.

Pada KTT ini, para ketua parlemen perempuan dunia akan saling bertukar gagasan dan pengalaman sesuai dengan agenda nasional dan internasional masing-masing negara. Mereka juga akan menggunakan KTT sebagai salah satu upaya memperkuat diplomasi parlemen.

“Melalui forum ini, para pemimpin parlemen perempuan bisa memperkuat komitmen, bertukar pengalaman, sekaligus menggalang kekuatan bersama untuk pemberdayaan perempuan,” ujar Puan.

Menurut mantan Menko PMK itu, pembahasan tentang isu perempuan dangat penting di saat dunia sedang mengalami berbagai krisis. Oleh karenanya, Puan sangat mendukung penyelenggaraan Women Speakers’ Summit 2024.

“Sesama pemimpin perempuan harus memperkuat kerja sama untuk terus memperjuangkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, baik di tingkat global maupun di negara masing-masing,” sebut cucu Bung Karno tersebut.

Women Speakers’ Summit 2024 akan membahas sejumlah isu perempuan yang dibagi menjadi dua agenda forum diskusi. Forum pertama bertemakan ‘Pendidikan dalam kesetaraan, Kesehatan dan Perjuangan melawan kekerasan terhadap perempuan’, serta forum kedua tentang kesetaraan Gender, paritas dan pemberdayaan dalam politik, teladan perempuan.

Puan pun diagendakan akan turut menyampaikan pernyataan pada dua forum diskusi itu.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs