Senin, 29 April 2024

Ratusan Masyarakat Nobar Debat Capres di TKD 02 Jatim, Nilai Prabowo Menguasai Tema

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana nonton bareng debat ketiga Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 atau debat kedua capres di Kantor TKD 02 Jatim, Minggu (7/1/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ratusan masyarakat melangsungkan nonton bareng (nobar) debat ketiga Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 atau debat kedua capres di kantor Tim Kampanye Daerah (TKD) 02 Jawa Timur (Jatim) di Surabaya, Minggu (7/1/2024) malam.

Dalam nobar debat di Kantor TKD 02 Jatim ini, kembali dilakukan di dua tempat dalam satu lokasi, yakni di dalam ruangan dengan menggunakan televisi berukuran besar, serta di luar ruangan atau di pendopo dengan menggunakan proyektor.

Masyarakat yang hadir di lokasi nobar, sebagian besar mengenakan baju dan kaus dengan warna biru muda, dan sisanya berpakaian bebas.

Selama berlangsung debat, masyarakat yang yang menonton di lokasi sesekali mengeluarkan suara sorakan untuk mendukung salah satu capres. Sedangkan ketika jeda debat, ada tim pemain musik yang menyanyikan lagu dan yel-yel mendukung gelaran debat.

Indra Nur Fauzi Sekretaris TKD 02 Jatim mengatakan, dalam debat kali ini, Prabowo menguasai tema debat, apalagi tema yang sedang dibahas juga sesuai dengan keahlian Prabowo, yakni mulai dari keamanan, pertahanan, hubungan internasional hingga isu-isu luar negeri.

“Jadi, saya kira ini tema, topiknya beliau. Kita lihat tadi, walaupun dipancing di awal, Pak Prabowo tetap dengan santai, walaupun terkesan dengan nada tinggi, ya itulah Pak Prabowo, tetapi sebenarnya menanggapi semua respon,” ucap seusai menonton debat.

Meskipun menurutnya Paslon lain ada yang mencoba memancing emosi, tetapi dalam debat sesi ketiga ini Capres nomor urut 02 bisa menjawab dengan baik.

“Kita lihat Pak Prabowo tidak cukup responsif dengan hal-hal tersebut. Beliau fokus pada tema utama yang memang menjadi tema diskusi,” katanya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain itu, KPU melaksanakan lima debat peserta Pilpres 2024 yang dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Tema debat Pilpres kali ini adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Debat Pilpres ketiga ini dipandu oleh dua moderator, yakni Ariyo Ardi pemred Global TV dan Anisha Dasuki presenter iNews. Terdapat 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para capres.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (ris/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs