Jumat, 3 Mei 2024

Tak Sepakat Program Makan Gratis Prabowo untuk Cegah Stunting, Ganjar: Tidak Setuju karena Bapak Terlambat

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ganjar Pranowo calon presiden (capres) nomor urut 3 saat menjawab pertanyaan Pranowo Subianto capres nomor urut 2 dalam debat kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU RI.

Ganjar Pranowo calon presiden (capres) nomor urut 3 menyatakan tidak sepakat dengan program makan siang gratis yang digagas Prabowo Subianto capres nomor urut 2.

Menurut Ganjar strategi paslon 2 untuk mencegah stunting dan gizi buruk dengan cara memberi makan terhadap anak kurang tepat.

Mulanya Prabowo bertanya kepada Ganjar soal gagasannya untuk mengatasi masalah I, gizi buruk, hingga mengurangi angka kematian ibu saat melahirkan.

“Pak Ganjar kita mnegtahui masalah penting yang dihadapi bangsa kita. Banyak anak-anak, kurang Gizi stunting apakah bapak setuju dengan gagasan saya untuk memberikan memberi makanan bergizi untuk seluruh anak-anak Indonesia untuk mengatasi masalah stunting, dan menghilangkan kemiskinan ekstrem dan mengurangi angka kematian ibu saat melahirkan,” ujar Prabowo dalam debat kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Minggu (4/2/2024).

Ganjar lantas menyatakan. “Kalau ngasih makannya kepada anak-anak untuk mencegah stunting, saya sama sekali tidak setuju, Pak, karena bapak terlambat,” ucap Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menyebut, persoalan stunting harus diselesaikan saat anak masih dalam kandungan melalui pemberian gizi kepada ibu hamil.

“Stunting itu ditangani sejak bayi dalam kandungan. Ibunya yang dikasih gizi kalau kemudian gizinya baik, mereka lakukan cek rutin maka akan ketahuan, bahwa dia ibunya sehat anaknya pertumbuhannya dilihat,” ujarnya.

Capres nomor urut 3 itu baru sependapat dengan Prabowo bila pemberian gizi lebih baik diberikan kepada ibu hamil. Karena hal itu akan berdampak terhadap menurunnya angka kematian ibu.

“Kalau bapak ngasih gizi ke ibu hamil, nah itu saya baru setuju pak,” tutur Ganjar.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain itu, KPU melaksanakan lima debat peserta Pilpres 2024 yang dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024. Hari ini, merupakan debat edisi terakhir.

Tema debat Pilpres untuk capres kali ini adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat Pilpres ketiga ini dipandu oleh dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Keduanya merupakan presenter TVOne. Selain itu ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para capres.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (wld/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs