Sabtu, 25 Mei 2024

Warga Bandung Antusias Tebus Murah Sembako dari Relawan Ganjar-Mahfud

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Warga mengantre untuk mendapatkan sembako di pasar murah yang diselenggarakan relawan KawanJuang, pendukung Ganjar-Mahfud di Lapangan UNI, Bandung, Rabu (7/2/2024). Foto: Istimewa

Relawan KawanJuang Ganjar-Mahfud menggelar acara bakti sosial Tebus Murah Sembako di Lapangan UNI Jebreeet Media Arena, Jalan Baturaden Raya, Rancasari, Kota Bandung, Rabu (7/2/2024). Sebanyak 1.500 paket sembako diserbu warga Kota Bandung.

Paket sembako itu berisi dua item yakni beras 2,5 kilogram dan minyak goreng kemasan 1 liter. Warga hanya perlu menebus sembako tersebut dengan membayar Rp5.000 per paket.

Dedi Mustruli Anggota Tim Relawan KawanJuang mengatakan warga sangat antusias mengikuti bakti sosial Tebus Murah Sembako tersebut.

Sebetulnya, kata dia, paket sembako itu hendak dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat, tapi karena adanya aturan KPU terkait pelarangan bagi-bagi sembako, maka kegiatan baksos dilakukan dengan hanya bayar Rp5.000 saja.

“Kegiatan hari ini ada empat kegiatan, yaitu senam sehat, pemeriksaan kesehatan gratis, tebus murah sembako, dan pertandingan sepak bola. Antusiasme masyarakat lumayan ini dari target kita siapin sembako 1.500 paket semuanya habis,” kata Dedi di lokasi, Rabu (7/2/2024).

Dedi mengatakan tujuan dari diadakannya kegiatan Tebus Murah Sembako tersebut adalah bisa meraup suara pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD di ajang Pilpres pada 14 Februari 2024 mendatang.

Namun, lanjut Dedi, kampanye yang dilakukan Relawan KawanJuang lebih elegan yakni dengan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat. Relawan KawanJuang tidak menghindari kampanye dalam bentuk orasi politik dan sebagainya.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini intinya sih meraih suara, cuma pada prinsipnya dari KawanJuang ini kita melakukan kegiatan yang langsung dirasakan masyarakat, kita cenderung ke baksos, dan tidak lewat orasi politik,” ujarnya.

Relawan KawanJuang, kata dia, melakukan pendekatan dengan cara berusaha mengambil simpati masyarakat lewat menggelar kegiatan bakti sosial yang langsung dirasakan warga. Salah satunya lewat program Tebus Murah Sembako.

“Kita mengetuk hati masyarakat, membangun kesadaran. Ini metode kampanye yang kita jalankan. Anggaran sendiri kami patungan, murni dari hasil mengumpulkan dana dari hamba Allah,” kata Dedi.

“Kemarin saat banjir bandang di Braga, kami terjun langsung, itu benar-benar baksos, urusan memilih sebetulnya mangga (silakan), tapi kami sentuh hati masyarakat, kalau kerasa, kan pasti tidak akan ke mana,” jelasnya.

Terkini, Relawan KawanJuang sudah melakukan kegiatan amal dalam rangka kampanye untuk memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud sekitar 500 kegiatan dengan fokus utama di wilayah Jawa Barat dan Jakarta.

“Kami ini agak unik, tim inti tidak banyak, tapi kalau melakukan kegiatan di daerah tertentu nah panitianya dari masyarakat, kita hanya support, jadi emang lebih kerasa ketika masyarakat dilibatkan langsung. Kan kegiatannya untuk masyarakat, tentunya yang melakukan masyarakat tidak ada istilah warga jadi penonton,” ucapnya.

Noneng, 48 tahun, warga Empang Pojok, Kota Bandung, yang ikut tebus murah sembako, mengaku sangat senang karena bisa memboyong sembako dengan harga murah. Lama mengantre akhirnya terbayar karena ia bisa menjinjing paket sembako murah.

“Senang sih, bener-bener kerasa sama warga seperti saya, bagusnya sih jangan cuma sekali tapi bisa setiap hari ada tebus murah sembako,” ucap Noneng sambil berseloroh.

Siti, 37 tahun, warga Cijaura Kota Bandung juga mengaku benar-benar merasakan manfaat dari adanya Tebus Murah Semabko yang diadakan Relawan KawanJuang.

“Bagus sih kegiatannya sangat membantu sekali apalagi sekarang kan harga sembako mahal,” ucapnya. (faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
29o
Kurs