Sabtu, 18 Mei 2024

8000 Poster Rasiyo-Lucy Nyasar ke Markas Risma-Whisnu

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Sebanyak 8 box berisi 8000 eksemplar alat peraga kampanye jenis poster Pasangan nomor 1 Rasiyo-Lucy nyasar ke Posko pasangan nomor 2 Risma-Whisnu. Foto: Istimewa

Sebanyak 8 box berisi 8.000 eksemplar alat peraga kampanye jenis poster Pasangan nomor 1 Rasiyo-Lucy yang dibuat oleh KPU, nyasar ke Posko pasangan nomor 2 Risma-Whisnu di Jl Kapuas, Surabaya.

“Kejadian itu ditemukan oleh tim kampanye Risma-Whisnu pada Rabu (11/11/2015) saat akan mendistribusikan poster ke posko-posko pemenangan dan PAC (Pengurus Anak Cabang) PDI Perjuangan se-Surabaya. Ternyata setelah dibuka isinya poster Rasiyo-Lucy,” ujar Didik Prasetiyono juru bicara Risma-Whisnu dihubungi suarasurabaya.net, Kamis (12/11/2015).

Menurut didik, kejadian ini amat disayangkan karena perusahaan pemenang tender telah teledor meskipun sudah diawasi oleh Panwas dan KPU Kota Surabaya. Logikanya, berarti juga ada 8 box yang tertukar juga di posko Rasiyo-Lucy.

“Kami masih menunggu penjelasan KPU Kota Surabaya dan semestinya ada jumlah yang sama, sebanyak 8 box alat peraga jenis poster Risma-Whisnu yang juga salah kirim ke tempat Rasiyo-Lucy,” katanya.

Didik mengatakan, saat ini posisi 8 box poster Rasiyo-Lucy yang nyasar masih dalam kondisi baik dan aman dalam pengawasan Tim Risma-Whisnu di Posko Pusat Pemenangan Jl Kapuas 68 Surabaya.

“Agar tidak menimbulkan fitnah dan salah faham di kemudian hari maka Tim Kampanye Risma-Whisnu berharap serah terima dan penggantian dibuat berita acara yang disaksikan juga oleh Panwas Kota Surabaya,” tegasnya.

Sementara Miftakhul Gufron Komisioner KPU divisi Perencanaan dan Logistik membenarkan keteledoran itu. Pihaknya sudah melakukan cek bersama Panwaslu ke Jl Kapuas tempat Posko Risma-Whisnu.

“Kemarin PT Antar Surya Jaya mengaku salah dalam packing. Kardusnya bertuliskan paslon nomor 2, tapi isinya paslon nomor 1,” katanya.

KPU Surabaya, kata Gufron akan segera memproses penggantian ribuan poster tersebut sesuai jumlah poster Risma-Whisnu yang tertukar secepatnya dan memusnahkan poster Rasiyo-Lucy yang nyasar itu.

Namun, KPU Surabaya tidak akan mencari dimana poster Risma-Whisnu yang juga tertukar di pihak Paslon 1.

“Kami menunggu laporan. Kalau tidak ada laporan, kami tidak memprosesnya,” katanya. (din/dwi/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs