Kamis, 2 Mei 2024

Desain APK dan BK Siap Cetak, Baliho Baru Terpasang Satu

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Baliho dua pasangan calon di Jl Indrapura Surabaya. Foto: Abidin/Dok suarasurabaya.net

Desain dan materi alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) untuk masing-masing pasangan calon sudah disepakati oleh semua pihak.

Liaison Officer (LO) kedua pasangan calon (paslon) sudah menghadiri undangan KPU Kota Surabaya untuk approving (persetujuan) desain APK dan BK, Jumat (9/10/2015).

Keduanya telah menandatangani APK dan BK yang dicetak kecil sebagai contoh. Demikian juga perwakilan KPU Kota Surabaya.

Hanya saja, Panwaslu belum menandatangani contoh APK dan BK tersebut karena masih ada rapat koordinasi dengan DKPP di Malang.

Sukadar LO Risma-Whisnu mengatakan desain APK dan BK dari Paslon Nomor urut dua sudah tidak masalah.

“Nomor dua sudah tidak ada masalah. Desain sudah sesuai, tinggal bagaimana aplikasinya nanti,” ujarnya kepada wartawan, Jumat.

Sementara Achmad Zainul Arifin LO Rasiyo-Lucy masih mempertanyakan, apakah material bahan APK dan BK sama dengan contoh.

“KPU sendiri belum bisa memastikan. Harapan kami sama,” ujarnya kepada suarasurabaya.net. Materi bahan, menurut Arifin, yang digunakan sebagai contoh memang sudah bagus.

Meski seluruh desain sudah siap cetak, berdasarkan informasi yang dihimpun suarasurabaya.net, ternyata baru satu lokasi baliho yang sudah terpasang, yaitu di Jalan Indrapura.

Mengenai hal ini, Miftakhul Gufron Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Perencanaan Anggaran dan Logistik membenarkan bahwa APK yang terpasang baru satu, yaitu baliho di Jalan Indrapura.

“Masalahnya memang lampu. Tapi kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk menambah satu lampu, masih proses,” katanya.

KPU sebetulnya juga telah memasang baliho di daerah Bundaran Waru. Namun, menurut informasi yang didapat, masih ada kendala media pemasangan dan izin dari pemilik lahan.

Arifin LO Rasiyo-Lucy mengatakan, baliho yang seharusnya dipasang di tiang-tiang mal City of Tommorow belum terpasang karena tiang penyanggah ternyata tidak kuat menahan baliho.

“Dipindah ke bundaran waru, ternyata tidak boleh dipasang di situ. Dan balihonya sudah dicopot dan diletakkan begitu saja di sana (di Bundaran Waru),” katanya.

Gufron mengatakan, nantinya lokasi pemasangan untuk Surabaya Selatan tetap di sekitar Bundaran Waru. “Masih kita proses, mana yang tepat, dan kami buatkan juga penyanggahnya,” ujarnya.

KPU menargetkan, seluruh baliho sudah terpasang pada hari Minggu (11/10/2015). Belum jelas, kapan KPU mulai memasang 10 Umbul-Umbul untuk masing-masing Paslon di tiap kecamatan. Atau kurang lebih sebanyak 620 umbul-umbul.

Sementara untuk spanduk, pencetakan desain oleh rekanan KPU diperkirakan selesai selama dua atau tiga hari. “Kami harap lebih cepat lebih baik,” ujar Gufron.

Sedangkan Bahan Kampanye seperti poster dan selebaran sejumlah 864 ribu lebih dalam proses cetak selama 14 hari atau dua minggu sejak disetujui.

Adapun untuk pencetakan APK, KPU menunjuk langsung CV Siaga untuk mencetak sekaligus memasangnya di titik yang telah ditentukan.

Sedangkan untuk bahan kampanye, KPU menyerahkan pencetakan kepada PT Antar Surya Jaya sebagai rekanan pemenang tender. (den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs