Senin, 6 Mei 2024

Desain Lengkap, KPU Segera Cetak Sebagian APK

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pasangan calon Rasiyo-Lucy No 1 dan Risma-Whisnu No. 2 siap bertarung di Pilwali 9 Desember 2015. Foto: Denza/Dok suarasurabaya.net

KPU Kota Surabaya menyatakan dua dari tiga jenis Alat Peraga Kampanye (APK) kedua paslon sudah diserahkan. Antara lain desain untuk Umbul-Umbul dan Baliho.

Miftakhul Gufron Komisioner KPU Kota Surabaya mengatakan, dua jenis APK itu akan dirapatkan dengan Panwaslu Kota Surabaya, Selasa (6/10/2015), untuk kemudian disetujui.

“Kita approving (menyetujui) dulu. Ditandatangani, kemudian bisa dicetak,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Senin (5/10/2015).

Sementara, desain APK berjenis Spanduk atau Banner sampai saat ini masih menunggu milik pasangan calon Rasiyo-Lucy yang belum direvisi.

Rekomendasi Panwaslu agar tim paslon mengubah desain tersebut, kata Gufron, wajib untuk dilaksanakan.

“Memang karena ada tahapan pendaftaran sampai empat kali, masa kampanye ini semakin singkat. Kami berharap tim pemenangan Rasiyo-Lucy segera menyerahkan desain,” katanya.

Selain desain spanduk atau banner, tim pemenangan Rasiyo-Lucy juga belum menyerahkan desain bahan kampanye. Antara lain desain selebaran, brosur, pamflet, dan poster yang juga masih dipermasalahkan oleh Panwaslu.

Gufron menjelaskan, untuk baliho akan dipasang di lima titik di Surabaya. Antara lain sekitaran Bundaran Waru, perbatasan Margomulyo, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk umbul-umbul di pasang per kecamatan. Tiap paslon mendapat jatah 10 umbul-umbul. Sehingga KPU akan mencetak 20 umbul-umbul untuk satu kecamatan di Surabaya.

Sekadar mengingatkan, sesuai PKPU 7/2015 tentang kampanye, desain materi APK dan Bahan Kampanye dibuat dan dibiayai oleh masing-masing tim kampanye paslon.

KPU akan memfasilitasi pencetakan dan pemasangan APK dan sebagian Bahan Kampanye kecuali pernak-pernik kampanye seperti kaus, bolpoin, atau stiker. (den/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
24o
Kurs