Sabtu, 25 Mei 2024

Dua Paslon Bahas Antisipasi Hadapi Tenaga Kerja Asing

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Debat publik Pilwali Kota Surabaya 2015. Foto: Denza suarasurabaya.net

Debat publik pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya pada pukul 20.50 WIB sudah memasuki sesi keempat, Jumat (6/11/2015).

Pada sesi pertama, Prof Dr Mohammad Nasih Rektor Universitas Airlangga Surabaya selaku moderator mempersilakan kedua pasangan calon untuk memaparkan visi misinya berkaitan dengan tema Memperkokoh NKRI dan Kebangsaan.

Rasiyo calon Wali Kota nomor urut satu dari Partai Demokrat dan PAN mengatakan, akan membangun kualitas SDM yang baik dan lebih berkeadilan. “Dan yang terpenting peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” katanya.

Sementara Tri Rismaharini calon Wali Kota nomor urut dua dari PDIP mengatakan, Surabaya adalah miniatur Indonesia, tempat tinggal berbagai suku bangsa yang melebur menjadi satu. Karakter ini melebur dengan budaya santri.

Risma menitikberatkan pada generasi muda yang sadar jati dirinya sebagai arek Suroboyo.

Sementara, Whisnu mengatakan, dirinya bersama Risma saat menjabat, berada di bawah bersama rakyat Surabaya untuk tertawa dan menangis bersama.

Pada sesi kedua, M Nasih sebagai moderator melontarkan pertanyaan mengenai antisipasi menghadapi tenaga kerja asing dalam masa ekonomi global.

Menjawab kali pertama, Tri Rismaharini mengatakan, Undang-Undang Kependudukan harus dilakukan dengan tegas dan para tenaga kerja harus mengikuti ini.

Oleh sebab itu, dia akan mendorong seluruh generasi di Surabaya untuk mengontrol pelaksanaan undang-undang ini.

Terutama dengan rasa kebersamaan sebagai arek Suroboyo yang telah dia tanamkan sejak menjabat sebagai wali kota pada periode sebelumnya.

Untuk pertanyaan yang sama, Rasiyo menjawab akan meningkatkan standar kompetensi dan profesionalisme yang lebih baik.

Dia menjanjikan akan membuat peraturan wali kota, setiap tenaga asing harus bisa berbahasa Indonesia.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
33o
Kurs