Sabtu, 18 Mei 2024
Hasil Operasi Bahan Kampanye Liar

Panwaslu Hanya Menemukan 17 Stiker Branding

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Panwaslu melakukan rapat koordinasi saat melakukan operasi stiker branding one way di Terminal Joyoboy, Jumat (24/10/2015). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Panwaslu Kota Surabaya kembali melakukan penertiban bahan kampanye di luar ketentuan, berupa stiker dan branding one way di tiga terminal di Surabaya, Sabtu (24/10/2015) pagi.

Hasilnya, Panwaslu hanya menemukan 17 bahan kampanye di luar ketentuan, yang terdiri dari 9 stiker pasangan calon serta 7 stiker branding one way yang terpasang di kaca mobil angkutan umum. Pencopotan bahan kampanye ini dilakukan sendiri oleh masing-masing sopir angkutan umum.

Wahyu Haryadi Ketua Panwaslu Kota Surabaya mengatakan, perbedaan operasi kali ini dengan operasi sebelumnya di awal masa kampanye adalah cakupan yang lebih luas.

“Kalau dulu hanya di Joyoboyo, sekarang juga di Bratang dan JMP. Tapi karena JMP sifatnya lyn itu mobile, maka tidak terpantau adanya stiker atau branding,” ujarnya kepada suarasurabaya.net.

Temuan terbanyak ada di Terminal Joyoboyo, yaitu sebanyak 16 bahan kampanye. Sedangkan di terminal Bratang, hanya ada satu stiker yang akhirnya dicopot sendiri oleh sopir lyn.

Dari 16 bahan kampanye yang ditemukan di Terminal Joyoboyo, 15 diantaranya memuat stiker pasangan calon (paslon) nomor satu, Rasiyo-Lucy Kurniasari. Sedangkan satu stiker memuat foto Tri Rismaharini.

Wahyu mengatakan bahan kampanye berupa stiker dan branding pasangan calon ini adalah bahan kampanye liar, karena pemasangannya di luar Peraturan KPU tahun 2015.

“Jadi ini liar, karena tidak sesuai dengaj PKPU 2015,” katanya.

Adapun alasan baru digelarnya operasi bahan kampanye liar kedua setelah masa kampanye berlangsung selama satu bulan, kata Wahyu, karena pihaknya sibuk mengawasi pemasangan APK.

“Kita disibukkan dengan pemasangan Baliho, umbul-umbul, sampai spanduk bersama KPU, dan panwascam, sampai malam. Kita harus membagi waktu,” ujar Wahyu.

Perlu diketahui, penertiban bahan kampanye ini dilakukan pada saat masa kampanye sudah berlangsung selama hampir satu bulan, dan hari-H pencoblosan Pilwali Kota Surabaya kurang 46 hari lagi. (den/dop)

Teks Foto: Stiker dan Branding yang dicopot dari lyn di terminal Joyoboyo. Total ada 17 stiker dan branding. Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
33o
Kurs