Minggu, 19 Mei 2024

Surat Suara Pengganti Sudah Tiba, Distribusi Belum Tuntas

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Distribusi Kotak Suara. Foto: Antara

Miftakul Ghufron, Komisoner KPU Surabaya Divisi Perencanaan, Keuangan, dan Logistik mengatakan, surat suara pengganti untuk menggantikan sejumlah surat suara yang rusak sudah tiba di Surabaya, Minggu (6/12/2015) dini hari. Dirinya bersama pihak kepolisian dan Panwaslu Kota Surabaya telah mengambil surat suara tersebut dari Klaten, Jawa Tengah.

“Sudah, ada enam sampai tujuh pak kami bawa dari Jawa Tengah. Saya tiba tadi jam dua pagi,” katanya kepada suarasurabaya.net, Minggu
(6/12/2015) sore. Gufron menyebutkan, setelah dihitung ulang jumlah kekurangan surat suara karena kerusakan menjadi 3.749 lembar.

Jumlah yang diambil oleh KPU Kota Surabaya dari PT Intan Sejati perusahaan percetakan pemenang tender rekanan KPU di Klaten, Jawa Tengah, sesuai dengan jumlah kekurangan yang tercatat. “Kami sudah mengeceknya sekalian, tadi malam, tidak ada yang rusak. Hanya enam sampai tujuh pack kan,” katanya.

Setelah tiba di Surabaya, surat suara tersebut akan dilipat mulai Minggu malam, lalu didistribusikan ke kecamatan yang surat suaranya kurang. KPU telah mengatur, kecamatan yang mengalami kekurangan surat suara difokuskan di Kecamatan Wonokromo. Tujuannya agar distribusi lebih mudah dilakukan.

Namun, distribusi surat suara ini belum tuntas sepenuhnya. Sebab, surat suara yang telah didistribusikan sejak tanggal 2 Desember 2015 hingga 4 Desember 2015 lalu ini masih harus didistribusikan ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Surabaya.

Sebagaimana jadwal yang ditetapkan oleh KPU, distribusi surat suara ke masing-masing TPS ini akan tuntas H-1 sebelum pelaksanaan pencoblosan, yaitu pada tanggal 8 Desember 2015 nanti.

Adapun jumlah surat suara yang didistribusikan ke masing-masing TPS, sebagaimana dikatakan oleh Gufron, secara keseluruhan sesuai dengan jumlah DPT ditambah 2,5 persen surat suara cadangan. (den/dop/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
33o
Kurs