Jumat, 29 Maret 2024

Bawaslu Akan Minta Pemungutan Suara Malaysia Dihentikan Sementara

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Surat suara tercoblos yang diduga ditemukan di ruko tak berpenghuni di Selangor, Malaysia. Foto: Capture video yang beredar

Bawaslu meminta KPU menghentikan sementara pemungutan suara di Malaysia. Sebelumnya, beredar informasi yang menyebutkan adanya paket berisi surat suara dan surat suara yang telah tercoblos di Selangor, Malaysia, ditemukan oleh pengawas pemilu di Malaysia.

video yang beredar menunjukkan adanya dugaan surat suara yang sudah tercoblos paslon capres-cawapres 01. Selain itu ada pula surat suara pileg yang telah tercoblos untuk caleg DPR dari Partai Nasdem.

Dalam video berdurasi lima menit yang memperlihatkan surat suara untuk Pemilu 2019 Indonesia di Selangor, Malaysia, sudah tercoblos. Surat suara yang tercoblos itu disimpan dalam sebuah rumah toko (ruko) tidak berpenghuni.

Fritz Edward Siregar anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengatakan pihaknya menemukan kecurangan berupa adanya penyelundupan surat suara dan surat suara yang telah tercoblos. Bawaslu pun akan meminta proses pemungutan suara Pemilu 2019 di Malaysia dihentikan sementara

Menurut Fritz, temuan kantong plastik besar berisi surat suara dan surat suara yang tercoblos di Malaysia bukan hoaks.

“Benar ( adanya temuan itu). Panwaslu Kuala Lumpur sebagai penemu. Kami meminta KPU melakukan evaluasi kinerja. Sebab terbukti PPLN tidak melaksanakan tugas dengan benar,” ujar Fritz ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (11/4/2019).

Bawaslu,kata dia, telah membuat rekomendasi soal kinerja PPLN yang diragukan.

“Kami akan meminta KPU menghentikan pemungutan suara di Seluruh Malaysia untuk sementara,” jelas Fritz.

Sementara itu, Ilham Saputra anggota KPU mengatakan pihaknya masih melakukan pengecekan terhadap informasi dari Malaysia itu.

“Kami sedang cek kebenarannya dan kejadian persisnya ke Pokja PPLN,” kata Ilham dalam keterangan tertulisnya.(faz/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs