Sabtu, 18 Mei 2024

Rekapitulasi Tingkat Kota Surabaya Selesai, Jokowi-Ma’ruf Unggul

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Suasana rekapitulasi suara tingkat kota di Kantor KPU Surabaya, Selasa (7/5/2019) malam. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat kota yang digelar di Kantor KPU Surabaya, Selasa (7/5/2019) malam, akhirnya selesai. Setelah memakan waktu kurang lebih 8 hari, KPU Surabaya mampu menyelesaikan rekapitulasi suara untuk 31 kecamatan di Surabaya.

“Alhamdulillah untuk rekapitulasi di tingkat Surabaya ini baik itu untuk Pilres atau pemilihan lainnya dapat berjalan lancar. Kami membutuhkan waktu untuk menyelesaikan dari tanggal 30 April hingga 7 Mei. Tadi sekitar pukul 23.00 WIB sudah selesai, kemudian kita lanjutkan pembacaan rekapitulasi akhir,” kata Nur Syamsi Ketua KPU Surabaya.

Adapun hasil dari rekapitulasi tingkat kota untuk pemilihan presiden, Jokowi-Ma’ruf pasangan capres dan cawapres nomor urut satu unggul atas Prabowo-Sandi. Pasangan Jokowi-Ma’ruf memperoleh 1.124.966 suara, sedangkan Prabowo-Sandi mendapatkan 478.439 suara.

KPU Surabaya juga mencatat ada 1.603.405 suara sah dan 31.907 surat suara tidak sah. Total surat suara sah dan tidak sah untuk pemilihan calon presiden ini berjumlah 1.635.312. Namun, hanya saksi dari 01 yang bersedia menyepakati hasil pleno rekapitulasi dan menandatangani berita acara. Sedangkan saksi 02 tidak.

“Sesuai ketentuan bahwa pasangan saksi itu dapat menandatangani. Jadi ketika tidak menandatangani pun tidak kemudian menggugurkan hasil yang telah dilakukan sampai hari ini,” kata dia.

Meski rekapitulasi telah selesai, Syamsi mengaku belum bisa memastikan apakah ini telah melampaui target partisipasi. Sebab proses penandatanganan masih berlangsung, dan diperkirakan tingkat partisipasi baru diketahui Rabu (8/5/2019).

Dengan selesainya pleno di tingkat kota ini, pihaknya langsung menyerahkan kotak suara milik KPU Surabaya berisi model DB dan DB1 hasil rekapitulasi untuk diplenokan di tingkat provinsi. (ang/iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
28o
Kurs