Sabtu, 27 April 2024

KPU Surabaya Siap Gelar Rekapitulasi Hitung Pileg

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

KPU Surabaya akan menggelar proses rekapitulasi penghitungan suara pileg, Sabtu (19/4/2014).

Beberapa persiapan dilakukan KPU Surabaya jelang proses penghitungan suara yang akan digelar di Kantor KPU Surabaya, diantaranya pengamanan dan konsolidasi dengan semua PPK di Surabaya, sebelum penghitungan digelar.

Eko Waluyo Swardyono Ketua KPU Surabaya mengatakan, proses penghitungan rencananya akan digelar mulai pukul 08:00 WIB sampai selesai selama tiga hari ke depan sampai Senin (21/4/2014). “Proses penghitungan akan dilakukan menyesuaikan dengan PPK dari setiap kecamatan di Surabaya yang sudah siap untuk ikut proses penghitungan,” ujar Eko.

Sementara Herdiana Komisioner KPU Surabaya mengatakan, sampai jelang digelarnya proses rekapitulasi penghitungan suara, masih ada beberapa kecamatan di Surabaya yang belum menyampaikan hasil rekap mereka ke KPU Surabaya.

“Sampai sekarang baru sekitar 50 persen kecamatan di Surabaya yang sudah menyerahkan dan mengumpulkan surat suara hasil pileg 2014, sementara sisanya masih akan terus berjalan sampai proses penghitungan akan dimulai,” jelas Herdiana.

Dari 31 PPK di Surabaya, beberapa PPK yang sudah siap melakukan rekapitulasi penghitungan suara, diantaranya Sambikerep, Gayungan, Wiyung, Tandes, Sukolilo, Wonocolo, Pabean Cantian, Benowo, Kenjeran, Asemrowo, Tegalsari, Tenggilis Mejoyo, Mulyorejo, dan Rungkut.

“Untuk rekapitulasi penghitungan suara, rencanaya akan diikuti semua PPS, PPK, perwakilan atau saksi partai politik, Panwaslu dan KPU sebagai penyelenggara penghitungan,” jelas Herdiana.

Proses rekapitulasi penghitungan suara pileg 2014 diperkirakan akan berjalan 1-2 jam untuk setiap kecamatan kalau prosesnya lancar dan tidak ada protes.

Di Kantor KPU Surabaya sampai sekarang, pengamanan dilakukan polisi dengan ketat, khususnya di lantai atas, karena digunakan untuk menyimpan semua kotak surat suara dari semua PPK di Surabaya. (tas/ipg)

Teks Foto : 
– Polisi menjaga ketat Kantor KPU Surabaya, jelang penghitungan surat suara pileg 2014 yang akan digelar Sabtu (19/4/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs