Selasa, 7 Mei 2024

35 Tahun Tanpa Bioskop, Black Panther Menjadi Tayangan Perdana di Arab Saudi

Laporan oleh Pratino Aditya Tama
Bagikan
Ilustrasi, film Black Panther

Film Black Panther akan menjadi film aksi superhero pertama Hollywood yang akan tayang di Arab Saudi sebagai tanda dibukanya bioskop untuk umum pertama di negara tersebut, setelah dicabutnya larangan yang telah berlaku 35 tahun. Rencananya film arahan Ryan Coogler ini akan tayang pertama pada tanggal 18 April 2018 di Riyadh sebagai peringatan dibukanya bioskop komersil AMC.

Dikutip dari laman resmi cinemags, Black Panther akan tayang selama 5 hari dan kemudian setelahnya pada tanggal 26 April, Avengers: Infinity War akan menjadi film pertama yang dirilis secara resmi di negara timur tengah tersebut.

Sebelumnya pada awal tahun ini, pemerintah setempat telah menayangkan film The Emoji Movie kepada publik untuk merayakan dicabutnya peraturan tersebut.

Menurut Reuters pemerintah Arab Saudi berencana untuk membangun 300 gedung bioskop dengan jumlah 2000 layar sampai dengan tahun 2030 mendatang. Film-film yang diutamakan untuk masuk dalam negeri tersebut adalah film animasi untuk anak-anak. Sudah pasti sensor ketat akan diberlakukan untuk film-film tersebut.

Pemerintah Arab Saudi mulai melarang penayangan film untuk publik dan gedung bioskop pada tahun 1980-an. Hal ini mengakibatkan warga setempat kesulitan untuk menikmati sebuah tayangan film bioskop. Mereka harus menempuh perjalanan ke negara tetangga untuk dapat melakukan hal tersebut. (ino/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs