Sabtu, 18 Mei 2024

Anak Sekarang Kurang Mengenal Lagu Daerah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto: abiummi.com

Susan Hasiani, praktisi anak usia dini, mengatakan sebagian besar anak usia dini lebih mengenal lagu-lagu berbahasa asing dibandingkan lagu daerah di Tanah Air.

“Anak-anak sekarang lebih banyak mengenal lagu-lagu internasional atau berbahasa asing, karena banyak yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya,” ujar Susan di Jakarta, seperti dilansir Antara, Minggu (4/3/2018).

Susan yang juga kepala sekolah di sebuah sekolah swasta di Jakarta tersebut menambahkan perlu adanya upaya pengenalan lagu-lagu daerah ke anak-anak, agar mereka lebih mengenal budaya mereka sendiri. Apalagi Indonesia kaya dengan keanekaragaman budaya.

“Kami terus berupaya mengenalkan anak-anak dengan lagu-lagu Indonesia. Tahun lalu, kami kenalkan lagu nasional karya Ibu Soed, kemudian tahun ini lagu daerah dan rencananya tahun depan karya Titiek Puspa.”

Susan menambahkan anak usia dini harus lebih banyak dikembangkan minat seni, tari, maupun kemampuan musiknya, karena tidak hanya penting bagi motorik tetapi juga kreativitas.

Dia menyebut, lagu daerah juga penting untuk mengenalkan anak-anak dengan budaya Indonesia yang kaya.(ant/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
31o
Kurs