Jumat, 26 April 2024

Angela Ponce, Transgender Pertama di Miss Universe

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Miss Spanyol Angela Ponce, peserta transgender pertama di Miss Universe 2018. Foto: Youtube

Angela Ponce Miss Spanyol tidak berhasil masuk ke 20 besar pada kontes kecantikan Miss Universe 2018 di Bangkok, Thailand.

Meski pulang dengan tangan hampa, banyak orang menganggap kemunculannya di kontes itu sudah merupakan kemenangan tersendiri.

Dikutip Antara dari E Online, Ponce berhasil mencetak sejarah karena dia adalah perempuan transgender yang berkompetisi di Miss Universe. Dia adalah kandidat transgender pertama dalam 66 tahun sejarah Miss Universe.

“Saya selalu bilang, punya vagina tidak mengubahku jadi perempuan,” kata dia kepada wartawan pekan lalu di Bangkok, Thailand.

“Saya adalah perempuan, bahkan sebelum lahir, karena identitasku di sini,” kata dia, menunjuk kepalanya.

Pada Juli, Ponce berbicara pada Associated Press bahwa dia ingin memanfaatkan posisinya untuk mengangkat masalah bunuh diri di antara remaja-remaja transgender.

Ponce yang berusia 27 tahun bekerjasama dengan yayasan di Spanyol yang membantu anak-anak trans.

“Anak-anak lahir tanpa prasangka dan saya pikir jika kita bicara pada mereka soal keberagaman sejak kecil, kita bisa menciptakan generasi baru manusia yang dibesarkan lebih baik,” ujar dia seperti dikutip NY Post.

Pada November silam, Miss Spanyol itu mengungkapkan pada Time dia pernah mengikuti Miss World 2015, tapi “baru tahu pada hari kompetisi bahwa ada peraturan yang melarang perempuan transgender menang.” Kabar itu meremukkan hatinya.

“Tapi setelah saya ikut final Miss Universe, Miss World mengubah peraturan mereka. Saya mengubah peraturan.”

Ponce juga mendiskusikan tentang apa arti kemenangan Miss Universe, baginya itu akan menjadi kemenangan untuk hak manusia.

“Perempuan trans telah mengalami persekusi sejak lama. Bila mereka memberiku mahkota, itu akan menunjukkan perempuan trans juga perempuan.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs