Jumat, 3 Mei 2024

Film Kartini Karya Hanung Bramantyo Tayang di Markas PBB

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Poster Film Kartini karya sutradara Hanung Bramantyo. Foto: Instagram

Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) untuk Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, AS, menyelenggarakan pemutaran film “Kartini” di Markas Besar PBB di New York, pada Senin waktu setempat atau hari Selasa WIB.

“Film Kartini diputar di PBB untuk menunjukkan kepada berbagai negara di dunia mengenai perjuangan dan kemajuan perempuan Indonesia untuk mendorong emansipasi dan pemberdayaan perempuan,” kata Wakil Tetap RI untuk PBB Dubes Triansyah Djani melalui rilis yang diterima Antara, Selasa (20/3/2018).

Pemutaran film Kartini bersamaan dengan pertemuan Commission on the Status of Women (CSW) ke-62 yang berlangsung selama dua minggu di Markas Besar PBB New York sejak 12 Maret 2018 kemarin.

Sutradara film Kartini, Hanung Bramantyo, juga hadir pada pemutaran film di PBB. Hanung hadir untuk berdiskusi dengan delegasi berbagai negara yang berpartisipasi pada CSW.

“Saya senang dengan sambutan hangat delegasi CSW terhadap film Kartini, dan berharap dapat jadi inspirasi untuk semakin mendorong perjuangan perempuan di berbagai negara untuk mencapai kesetaraan dengan laki-laki,” kata Hanung.

Pemutaran film ini merupakan salah satu inisiatif PTRI New York di sela CSW62. Tujuan diadakan pemutaran ini adalah untuk menyampaikan berbagai capaian nasional dalam mengatasi tantangan yang dihadapi perempuan, baik melalui penguatan kerangka hukum, akses ekonomi, pendidikan maupun kesehatan serta pemanfaatan IT.

Acara ini juga memiliki makna lebih dalam kerangka kampanye yang sedang dilakukan Indonesia untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Kemanan PBB periode 2019-2020.

“Perempuan Indonesia bahkan turut aktif memupuk budaya damai di berbagai belahan dunia, khususnya melalui misi-misi penjaga perdamaian PBB,” kata Dubes Djani.

Pertemuan Commission on the Status of Women merupakan pertemuan tahunan PBB yang dilaksanakan setiap bulan Maret. Pertemuan ini sejalan dengan peringatan International Women’s Day yang jatuh setiap 8 Maret.

CSW62 dihadiri oleh 87 menteri dan pejabat tinggi dari 163 negara. (ant/tna)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs