Jumat, 19 April 2024

Jelang Festival Gandrung Sewu, Okupansi Hotel di Banyuwangi Melonjak

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ribuan penari Festival Gandrung Sewu Banyuwangi. Foto: banyuwangikab.go.id

Jelang Festival Gandrung Sewu yang digelar pada Sabtu (20/10/2018) besok, ribuan wisatawan datang ke Banyuwangi. Hal ini berdampak pada okupansi hotel yang melonjak, bahkan sebagian besar hotel di Banyuwangi telah kehabisan kamar.

Menurut laporan Rudi dari Radio Mandala Banyuwangi dalam Jaring Radio Suara Surabaya Jumat (19/10/2018), Peningkatan okupansi hotel ini sudah terjadi mulai hari Senin lalu (15/10/2018) dan diperkirakan akan terjadi hingga Minggu (21/10/2018).

Pada hari biasa, okupansi mencapai 60 persen, bahkan hari ini, Jumat (19/10/2018) sudah ada yang mencapai 100 persen. Rata-rata wisatawan yang berlibur di Banyuwangi baik dalam negeri maupun mancanegara akan menonton Festival Gandrung Sewu.

MY. Bramuda Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi mengatakan, pihaknya gembira karena festival yang digelar oleh pemerintah daerah ini memberikan dampak positif bagi geliat ekonomi termasuk hotel.

Festival Gandrung Sewu telah digelar sejak tahun 2011 dan menampilkan ribuan penari Gandrung. Tari Gandrung sendiri merupakan tarian khas Banyuwangi yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda pada tahun lalu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (nin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs