Jumat, 3 Mei 2024

Lepas Purna Tugas Bambang SP, Berbagai Seni Dihelat di TBJ

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Bambang SP dan karawitan Jawa Timuran. Foto: International Gamelan Festival 2018

Melepas masa kerja atau purna tugas sosok seniman bisa dilakukan dengan banyak cara yang bisa dibilang unik. Rabu (28/11/2018) berbagai seni ditampilkan di Taman Budaya Jawa Timur (TBJ) melepas masa purna tugas seniman Bambang SP.

Nama Bambang Sukmo Pribadi atau akrab dikenal sebagai Bambang SP cukup dikenal di kalangan seniman, khususnya pelaku seni tradisional di Jawa Timur. Bambang SP yang juga pengajar punya banyak prestasi terkait seni karawitan Jawa Timuran sekaligus karya membanggakan.

Dijadwalkan, Rabu (28/11/2018) ini sederet pentas seni ditampilkan di sejumlah panggung di kompleks TBJ Jl. Gentengkali Surabaya. Diantaranya, pentas diskusi bersama seniman, pementasan tari, juga pagelaran wayang kulit.

“Ada beberapa panggung yang menampilkan beberapa bentuk kesenian, tari, wayang kulit dan campur sari. Jarang ada pentas seni seperti ini. Melepas purna tugas dengan menampilkan pentas seni,” terang Heri Prasetyo koreografer, seniman tari dan penggerak seni.

Menurut Heri, sosok Bambang SP dengan kiprahnya dibidang seni dan pendidikan di Jawa Timur, hingga saat ini memang layak diberikan apresiasi. “Dan penampilan panggung-panggung seni seperti ini, sangat menarik dan unik kan?” tanya Heri.

Ditanya tentang kiprah Bambang SP, Heri yang juga seniman menegaskan bahwa sosok Bambang SP adalah seniman yang tekun dan rendah hati, sekaligus guru yang tidak eman membagikan ilmunya.

Kepada para siswa dan mahasiswnya, lanjut Heri, Bambang tidak pernah sekadar memberikan teori semata. “Tetapi mas Bambang SP justru mengajak murid-muridnya untuk melihat langsung ke lapangan, terlibat pada pementasan,” papar Heri.

Praktik seperti itu, kata Heri memang butuh energi lebih, tetapi bagi sosok Bambang SP justru merupakan hal yang menyenangkan. “Mas Bambang tidak pernah berhenti mengajak murid-muridnya terlibat dalam pementasan, khususnya karawitan Jawa Timuran,” ujar Heri.

Sekarang ini, sejumlah murid yang pernah menjadi siswa Bambang SP dan mengikuti berbagai praktek berkesenian secara langsung, telah menuai hasilnya.

“Beberapa seniman muda yang pernah belajar pada Mas Bambang SP punya spirit yang bagus, dan ini juga berkat tangan dingin beliau. Mas Bambang SP tidak pernah lelah berbagi ilmunya,” pungkas Heri Prasetyo.

Dijadwalkan Rabu (28/11/2018) sejumlah seniman seperti Aris Setiawan, Edi Karya, Heri “Lentho” Prasetyo, bersama Suwedi, hadir memberikan paparan serta apresiasi mereka pada Bambang SP dalam perjalanan kariernya hingga purna tugas.

Pementasan berbagai seni termasuk pagelaran Wayang Kulit Jawa Timuran dengan Ki Puguh Prasetyo dan Ki Yohan Susilo sebagai Dalang, dijadwalkan menjadi pemuncak pelepasan purna tugas Bambang SP yang bertema: Sehari Bersama Dia.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs