Kamis, 28 Maret 2024

Mengenal Lebih Dekat Martabak Cafe, Restoran Indonesia di Sydney

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Rawon, salah satu sajian di restoran Indonesia di Sydney, Australia, bernama Martabak Cafe. Foto: Antara

Bukan hal asing bertemu dengan sesama orang Indonesia di Sydney, salah satu kota besar di negara bagian New South Wales, Australia.

Di tempat wisata, pasar tradisional, pasar swalayan sampai saat sedang berjalan di trotoar, tak jarang terlihat dan terdengar dua orang atau lebih yang sedang bercakap-cakap dalam bahasa Indonesia.

Selain tujuan wisata, Sydney memang menjadi salah satu destinasi bagi orang Indonesia untuk melanjutkan pendidikan. Mie instan tersohor Tanah Air pun bisa dengan mudah ditemukan di pasar swalayan seharga lebih dari 2 dolar Australia atau setara Rp21.000 untuk satu pak berisi enam bungkus.

Restoran yang menyajikan makanan Indonesia, meskipun tidak menjamur seperti gerai masakan China dan Jepang, sesekali menghiasi pemandangan di trotoar kota Sydney.

Dilansir dari Antara, rombongan Badan Ekonomi Kreatif dan Indonesian Trade Promotion Centre Sydney berkesempatan mencoba beberapa menu di Martabak Cafe. Martabak Cafe merupakan restoran di Harris Street yang menyajikan beragam pilihan makanan Indonesia.

Pertengahan Mei ini, suhu kota Sydney menunjukan angka 19 derajat Celsius. Apalagi cuaca semakin dingin ketika matahari beranjak tenggelam. Semangkuk rawon dengan nasi cukup untuk menghangatkan diri di musim gugur.

Rawon di Martabak Cafe hadir dengan personil cukup lengkap, yaitu kecambah dan setengah butir telur asin, minus sambal merah dan jeruk nipis.

Bukan hanya rawon, Martabak Cafe yang didirikan sejak sekitar 2014 itu juga memiliki soto ayam kuah bening. Soto disajikan dengan sesuatu yang kurang lazim jika dibandingkan dengan di Indonesia, yakni ayam ditaruh di mangkuk kecil terpisah dari kuah soto.

Martabak Cafe juga menyediakan makanan ringan. Seperti namanya, martabak yang ada di sini hadir dengan variasi manis dan asin.

Bentuk dan rasa martabak yang ada di restoran ini tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia. Bahkan martabak versi besar dapat dimakan oleh lima orang sekaligus.

Sekedar informasi, meskipun makanan yang disajikan bercita rasa Indonesia, porsi makanan di Martabak Cafe tergolong besar, seperti porsi pada umumnya di restoran Australia.(ant/tna)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs