Jumat, 3 Mei 2024

Nikmati Keunikan Kabupaten Jember di Pesona Budaya Pandhalungan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sebuah karya tari dipentaskan di Taman Budaya Jawa Timur. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berbagai keunikan dan keindahan seni serta budaya Kabupaten Jember tak harus langsung mendatanginya ke Jember, Jumat (9/3/2018) ini di Taman Budaya Jawa Timur (TBJ) digelar Pesona Budaya Pandhalungan, tampilkan indahnya Jember.

Kartika Kepala Sie Penyajian Seni Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur menyampaikan bahwa selain menampilkan pertunjukan seni budaya, pada pementasan kali ini juga ditampilkan berbagai keunikan Kabupaten Jember.

“Ada bazar kuliner khas Kabupaten Jember yang memang menjadi bagian dari pentas Pesona Budaya Pandhalungan ini. Masyarakat juga bisa langsung melihat aneka kerajinan khas yang diproduksi masyarakat dan UKM Kabupaten Jember,” ujar Kartika.

Tak hanya Suwar-suwir, beberapa makanan khas dari Jember, serta aneka kerajinan dan batik Jember juga dihadirkan pada bazar yang memang setiap sebulan sekali digelar di Taman Budaya Jawa timur ini.

“Kemasan gelar Pesona Seni Budaya Jawa Timur ini memang kami gelar sebulan sekali, dan pada Maret ini giliran Kabupaten Jember. Jadi segala sesuatu tentang Jember ditampilkan. Dalam bentuk seni budaya juga makanan dan kerajinan tradisional dari Jember,” ujar Kartika.

Jumat (9/3/2018) malam ini dijadwalkan didahului dengan seremoni pembukaan yang akan menghadirkan Bupati Jember bersama Sekda Provinsi Jawa timur, diisi dengan tarian dan pada puncaknya akan tampil drama tari.

Sedangkan pada Sabtu (10/3/2018) rangkaian Pesona Budaya Pandhalungan dimulai sekitar pukul 08.00 dimulai dengan lomba lukis keluarga yang dapat diikuti pelajar bersama dengan orang tuanya.

“Sabtu (10/3/2018) juga akan ditampilkan Jaranan khas Kabupaten Jember. Ini juga bagian dari memperkenalkan keberagaman seni tradisi Jember kepada masyarakat. Oleh karena itu kami all out menampilkan kesenian dan keunikan Kabupaten Jember,” ujar Kartika.

Untuk dapat menikmati Pesona Budaya Pandhalungan yang didukung sepenuhnya Kabupaten Jember, masyarakat dipersilahkan hadir dan menyaksikan berbagai penampilan seni budaya dan keunikan Kabupaten Jember di kompleks Taman Budaya Jawa Timur Jl. Gentengkali, Surabaya.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs