Minggu, 28 April 2024

Pameran Perjalanan Terakhir, Tribute to Cak Makhfoed

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Pameran tribute to Cak Makhfoed bertajuk: Perjalanan Terakhir, mulai digelar Selasa (18/9/2018) di galeri AJBS Surabaya sebagai sebuah bentuk penghargaan atas perjalanan berkesenian Makhfoed.

Lebih dari 20 karya lukis Makhfoed dijadwalkan akan hadir di galeri AJBS dikawasan Jl. Ngagel, yang merupakan bukti perjalanan berkesenian Makhfoed sekian tahun sejak awal kariernya sebagai seniman.

Masyarakat dan pecinta seni khususnya seni rupa mengenal karya-karya Makhfoed satu diantaranya adalah judul yang kerap dipilihnya: Perjalanan. Yang membedakan karya Makhfoed dengan seniman lainnya adalah nomor pada judul karyanya.

Dan jumlahnya memang ratusan. Entah kebetulan atau memang itu kehendak alam, pada karya berjudul Perjalanan 666, justru menjadi penanda perjalanan akhir Makhfoed. Makhfoed usai menuntaskan karyanya itu meninggal dunia.

Makhfoed lahir di Surabaya, tepatnya di Kampung Peneleh pada 10 Mei 1942. Tepat pada usianya yang ke 76 tahun, Makhfoed meninggal dunia pada 19 April 2018 yang lalu.

“Akan ada bedah karya Makhfoed, serta beberapa hiburan lainnya seperti band dari seniman Surabaya untuk memeriahkan pameran karya Cak Makhfoed nanti di Galeri Seni AJBS Surabaya,” terang Slamet Gaprax satu diantara panitia penyelenggara pameran, Senin (17/9/2018).

Pameran dijadwalkan dibuka Selasa (18/9/2018) mulai pukul 19.00 WIB, dengan menghadirkan Music Gaman, performance art oleh Galuh Tulus Utama dan penampilan Moonlight Dancer.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs