Kamis, 28 Maret 2024

Parade Jaranan 2018 Undang Kelompok Jaranan Jawa Timur

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Sejumlah kelompok Jaranan dari beberapa kota di Jawa Timur, dipastikan Sabtu (24/11/2018) tampil di kompleks TBJ Jl. Gentengkali Surabaya, memeriahkan Parade Jaranan 2018.

Menurut Sukatno kepala UPT Taman Budaya Jawa Timur, pagelaran Parade Jaranan 2018 diharapkan memberikan ruang yang cukup untuk kelompok-kelompok jaranan dari daerah yang ingin pamer keterampilannya.

“Karena setiap kota di Jawa Timur ini hampir seluruhnya memiliki kelompok jaranan, dengan bentuk atau sebutan nama yang berbeda. Dan pagelaran seperti ini, semoga memberikan ruang yang cukup bagi mereka para seniman ini untuk unjuk keterampilan,” kata Sukatno.

Seiring perkembangan jaman, lanjut Sukatno seni tradisional seperti Jaranan memang semakin terpinggirkan keberadaannya. Tetapi di beberapa daerah, kelompok-kelompok Jaranan justru terus berkembang dengan penampilan-penampilan menarik.

“Oleh karena itu, kami ingin memberikan ruang bagi kelompok Jaranan untuk berani berinovasi dan saling bertukar informasi terkait kreativitas yang sudah mereka kreasikan. Sekaligus ini menjadi etalase bagi para seniman Jaranan untuk dapat tampil lebih luas ditengah masyarakat,” tambah Sukatno.

Sabtu (24/11/2018) dijadwalkan tampil, kelompok Jaranan Buto dari Banyuwangi, Jaranan Sentherewe Rinenggo dari Kabupaten Tulungagung, Jaranan Jawa dari Kediri, Jaranan Pegon dari Kabupaten Trenggalek, Turonggo Yakso SMAN 1 Kabupaten Trenggalek, Jaranan Dor Kreasi dari Kota Batu dan Jaranan Sentherewe dari Kota Blitar.

Masyarakat yang ingin menyaksikan atraksi kelompok Jaranan dari beberapa kota di Jawa Timur ini, Sukatno mempersilakan langsung hadir di TBJ Jl. Gentengkali.

“Monggo langsung hadir saja, kami akan mulai sekitar pukul 19.00 sampai selesai. Tidak dipungut biaya,” pungkas Sukatno.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs