Sabtu, 4 Mei 2024

Sikat Gigi Sebelum Tidur Menjadi Salah Satu Faktor Senyum Indah

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Foto: huffingtonpost.com

Senyum dapat membuat orang terlihat lebih ramah, menyebarkan kebahagiaan dan terbukti berdampak positif pada kesehatan. Kuncinya mudah, menyikat gigi secara teratur dua kali dalam sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur.

“Sayangnya banyak yang cuma sekali sehari, malamnya terlewat,” kata Imelda Wira, Senior Brand Manager Pepsodent di konferensi pers #SenyumSatuIndonesia di Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Dilnsir dari Antara, Drg. Ratu Mirah Afifah menyatakan erat kaitan antara kebiasaan menyikat gigi dengan tersenyum. Selain itu, orang yang tidak menyikat gigi secara teratur berpotensi mengalami gangguan kesehatan mulut.

Untuk itu Mirah mengingatkan agar masyarakat tidak lupa menyikat gigi, terutama sebelum tidur. Kelenjar ludah punya peran besar dalam menjaga kondisi keasaman rongga mulut.

Ketiga manusia terjaga, fungsi kelenjar ludah berlangsung seperti biasa sehingga kondisi keasaman rongga mulut normal. Saat tidur, fungsi kelenjar ludah menurun sehingga produksi air liur juga semakin sedikit.

“Saat asam di bawah 5,5 akan bahaya, bakteri berkembang pesat, sisa makanan yang tidak dibersihkan dimakan bakteri. Mineral gigi jadi larut sehingga gigi berlubang juga muncul penyakit gusi,” jelas Mirah.

Masalah seperti gigi berlubang sampai bau mulut akan membuat orang malas untuk tersenyum karena tidak percaya diri memperlihatkan gigi. (ant/tna/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs