Jumat, 19 April 2024

Tisu Basah Tak Bisa Gantikan Cuci Tangan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Adakalanya tisu basah atau cairan pembersih tangan menjadi pilihan orang untuk membersihkan noda di tangan. Cuma, ada saatnya benda ini tak bisa membantu menjaga kebersihan tangan. Kapankah itu?

“Saat tangan kita tampak kotor secara kasat mata. Tisu basah tidak cukup. Kalau hanya habis salaman dengan orang lain, bisa. Tetapi saat tangan kotor tidak bisa digunakan (tisu basah),” ujar Dr. Wani Gunardi, SpMK, ahli mikrobiologi klinis dari UKRIDA, dalam acara “Indonesia Hygiene Forum” di Jakarta, Senin (23/4/2018).

Wani mengatakan cuci tangan maksimal adalah menggunakan air dan sabun untuk membersihkan kotoran, termasuk bakteri dan kuman dari tangan. Agar hasilnya nyata, perilaku ini tentu tak bisa dilakukan sembarangan.

“20-30 detik. Caranya, seluruh tangan harus terusap. Mulai dari telapak tangan, sela-sela jari, kuku juga harus diusap. Lalu punggung tangan, terakhir jempol,” papar Ketua Perhimpunan Ahli Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI) DKI itu, seperti dilansir Antara.

Cuci tangan menggunakan sabun telah terbukti menurunkan risiko seseorang terserang sejumlah penyakit seperti diare, influenza, cacingan, infeksi mata dan infeksi kulit.

“Dengan mencuci tangan membantu mencegah berbagai penyakit antara lain diare, ispa. Kalau batuk lalu menutup mulut menggunakan tangan, sementara tangan tidak dicuci, ini bisa menjadi sumber penularan ke orang lain,” kata Wani.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs