Jumat, 26 April 2024

Tulang Manusia dan Binatang Purba di Gua Besar Meksiko

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Jaringan lubang tanah luas, terhubung dengan perairan bawah tanah peninggalan orang Maya Kuno yang dikenal sebagai "Cenotes" Semenanjung Yucatan. Foto: nationalgeographic

Arkeolog penjelajah gua banjir terbesar di dunia, di Meksiko, menemukan fosil manusia purba berumur sedikitnya 9.000 tahun bersama tulang hewan yang hidup di bumi selama Zaman Es terakhir.

Sekelompok penyelam baru-baru ini menghubungkan dua gua bawah laut di timur Meksiko untuk mengungkapkan apa yang diyakini sebagai gua banjir terbesar di planet ini.

Penemuan tulang manusia dan hewan purba itu menjadi sebuah penemuan yang dapat membantu menjelaskan peradaban Maya kuno.

Semenanjung Yucatan penuh dengan peninggalan monumental orang-orang Maya, yang kota-kotanya memanfaatkan jaringan lubang tanah luas, terhubung dengan perairan bawah tanah yang dikenal sebagai “Cenotes”.

Peneliti mengatakan, mereka menemukan 248 Cenotes di jaringan gua sepanjang 347 km yang dikenal dengan “Sac Actun”, yang dekat dengan resor pantai Tulum. Dari 200 situs arkeologi yang mereka temukan di sana, 140 di antaranya peninggalan suku Maya.

Beberapa Cenotes menjadi lokasi religius tertentu kepada suku Maya, yang keturunannya terus menghuni wilayah ini.

Kementerian Kebudayaan Meksiko menyatakan, selain penemuan sisa manusia, mereka juga menemukan tulang kukang raksasa, gajah purba, dan beruang yang telah punah dari periode Pleistosen.

“Saya pikir ini luar biasa, tanpa diragukan lagi ini adalah situs arkeologi bawah laut yang paling penting di dunia,” kata Guillermo de Anda, Peneliti dari Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko (INAH), dilansir Antara dari Reuters.

De Anda juga merupakan Direktur Gran Acuifero Maya (GAM), sebuah proyek yang didedikasikan untuk studi dan pelestarian perairan bawah tanah semenanjung Yucatan.

INAH mencatat, permukaan air naik setinggi 100 meter di akhir Zaman Es membanjiri jaringan gua dan menyebabkan kondisi yang ideal untuk melestarikan sisa-sisa fauna besar yang telah punah dari zaman Pleistosen. Penemuan gua itu telah mengguncang dunia arkeologi.

Periode geologis Pleistosen atau Zaman Es akhir, dimulai 2,6 juta tahun yang lalu dan berakhir sekitar 11.700 tahun yang lalu.(ant/den/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs