Jumat, 29 Maret 2024

96 Karya dari 48 Pelukis Tentang Kearifan Lokal di Local Wisdom

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pengunjung menyaksikan karya-karya perupa Koperjati pada pameran Local Wisdom. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Bertajuk Local Wisdom, 48 pelukis yang tergabung dalam Koperjati, menampilkan 96 karya lukis yang bercerita tentang kearifan lokal. Tentang banyak hal yang ada pad amasing-masing pelukis terkait kekayaan Nusantara.

Komunitas Perupa Jawa Timur (Koperjati) untuk kesekiankalinya menggelar pameran bagi anggotanya sendiri yang beretempat di Koperjati Art Space kawasan Jl. Darmokali Surabaya, dengan mengusung tema yang berbeda.

Local Wisdom adalah kekayaan serta keberagaman dan kearifan lokal yang dimiliki masing-masing kawasan atau wilayah di Jawa Timur yang memang sangat luas dan memiliki kekuatan masing-masing.

Oleh karena itu, pada pameran kali ini, tampil berbagai kekuatan budaya tradisi masing-masing daerah di Jawa Timur, dan dimanfaatkan para perupa untuk menyampaikan pesan kepada khlayak tentang kekuatan sekaligus kearifan masing-masing daerah.

Muit Arsa ketua Koperjati mengingatkan bahwa kearifan lokal Jawa Timur sangat besar dan beragam. Jika seniman, atau siapapun melihat itu dan mampu mengeskplor dengan arif dan bijaksana maka akan memunculkan kekuatan-kekuatan baru dalam banyak hal.

“Karena kami adalah perupa, pelukis, maka kekaguman kami dituangkan pada kanvas dan inilah hasilnya. Kearifan lokal masing-masing daerah. Ini bagian dari kebanggaan kami semua sebagai bagian dari Jawa Timur. Local Wisdom adalah kearifan lokal,” terang Muit Arsa, Jumat (1/2/2019).

Dipamerkan di Koperjati Art Space sejak pertengahan Januari 2019 lalu, kata Muit Arsa karya-karya Local Wisdom dijadwalkan akan dibawa menuju Jakarta untuk kembali dipamerkan di Jakarta.

“Semoga akhir tahun ini rencana pameran ke Amerika Serikat dapat kami wujudkan. Kami mulai melakukan persiapan-persiapan untuk rencana besar tersebut. Mohon doa restunya untuk rencana pameran nanti,” pungkas Muit Arsa.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs