Jumat, 26 April 2024

Ginger Baker Drummer Band Legendaris Cream Wafat

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ginger Baker (tengah) saat masih di grup band Cream. Foto: gingerbaker.com

Ginger Baker drummer grup band legendaris Cream yang juga musisi sangat inovatif dan berpengaruh di dunia musik rock, wafat dalam usia 80 tahun di Canterbury, Inggris, pada Minggu (6/10/2019) waktu setempat.

Wafatnya drummer bernama asli Peter Edward Baker itu dikonfirmasi oleh keluarganya melalui akun resmi media sosial Braker, dilansir Antara, Senin (7/10/2019).

“Kami sangat sedih untuk mengatakan bahwa Ginger telah meninggal dunia dengan damai di rumah sakit pagi ini. Terima kasih kepada semua orang atas pesan-pesan yang baik dalam beberapa pekan ini,” tulis keluarga Braker di akun @GingerBDrums, Minggu pagi lalu.

Keluarga mendiang Jack Bruce, rekannya di grup band Cream yang didirikannya bersama Eric Clapton pada 1966, juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Baker.

“Keluarga Bruce menyampaikan belasungkawa tulus kepada keluarga, teman, dan penggemar Ginger Baker. Bertahan dari hubungan benci cinta, Ginger seperti kakak laki-laki bagi Jack, chemistry mereka benar-benar spektakuler. RIP Ginger, salah satu drummer terhebat sepanjang masa,” tulis mereka.

Paul McCartney Vokalis grup legendaris The Beatles, juga memberikan penghormatan bagi Baker dengan mengatakan bahwa Baker adalah pemain drum hebat.

“Kami bekerja bersama di album ‘Band on the Run” di ARC Studio, Lagos, Nigeria. Sedih mendengar bahwa dia meninggal tetapi kenangan tak akan pernah (meninggal),” kata Paul McCartney.

Baker merupakan penabuh drum yang awalnya bergabung dalam Graham Bond Organisation (GBO) bersama Graham Bond (vokalis dan organ), Mike Falana (terompet), dan Dick Heckstall-Smith.

Setelah itu, Baker bertemu dengan Jack Bruce dan Eric Clipton dan membentuk grup baru bersama Cream pada 1966, menurut laman resmi Ginger Baker.

Cream mencapai kesuksesan di seluruh dunia tetapi hanya bertahan sampai 1968, sebagian karena hubungan Baker dan Bruce yang fluktuatif. Setelah bekerja sebentar dengan Clapton di Blind Faith dan Ginger Baker’s Air Force yang terkemuka, Baker menghabiskan beberapa tahun hidup dan membuat rekaman di Afrika pada 1970-an.

Di antara kolaborasi lain Baker adalah karyanya dengan Gary Moore, Masters of Reality, Public Image Ltd, Hawkwind, Atomic Rooster, Bill Laswell, bassis jazz Charlie Haden, gitaris jazz Bill Frisell dan Ginger Baker’s Energy.(ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs