Kamis, 28 Maret 2024

Mengenal Liu Yifei Si Pemeran Mulan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Hua Mulan. Foto: YouTube Walt Disney Studio

Trailer pertama film live-action “Mulan” dirilis pada minggu (7/7/2019). Para penggemar langsung dibuat terpesona oleh penampilan Liu Yifei, yang juga dikenal sebagai Crystal Liu, sang pemeran jagoan wanita Hua Mulan.

Meski wajahnya masih asing di Hollywood, namun aktris 31 tahun itu sudah sangat tenar di China.

Berikut rangkuman sejumlah fakta soal Liu yang dikutip Antara dari Entertainment Weekly:


Hua Mulan. Foto: Instagram/@yifei_cc

1. Liu kalahkan 1.000 aktris demi perankan Mulan

Liu mengalahkan hampir 1.000 aktris dari lima benua yang diaudisi untuk memerankan Mulan, menurut The Hollywood Reporter.

Salah satu kualifikasi yang harus dipenuhi sebagai pemeran Hua Mulan adalah wanita muda beretnis China yang punya kecakapan bela diri, bisa berbahasa Inggris dan kualitas seorang bintang.

Liu tentu saja memenuhi kriteria tersebut karena dia sudah main banyak film China dan mendapat pelatihan dari Akademi Film Beijing.

2. Pernah tinggal di Queens, New York

Dia pernah tinggal di Queens, New York pada usia 10 hingga 14 tahun, itu sebabnya dia lancar berbahasa Inggris.

Liu juga pernah main film dalam bahasa Inggris pada 2008 yakni “The Forbidden Kingdom” bersama Jackie Chan dan Jet Li, serta film “Outcast” pada 2014, dibintangi Nicolas Cage dan Hayden Christensen.

3. Dikenal sebagai “Fairy Sister”

Karena wajahnya yang imut, Liu dijuluki “Fairy Sister” alias si “Adik Peri”. Dia juga masuk dalam jajaran aktris muda paling sukses selevel dengan Zhang Ziyi (“Crouching Tiger, Hidden Dragon”) dan Fan Bingbing (“X-Men: Days of Future Past”).


Liu Yifei. Foto: news.cn

4. Akrab dengan wuxia

Meskipun secara teknis tidak dilabeli sebagai wuxia, film Mulan memiliki banyak tanda-tanda genre film “wuxia” yang ditandai dengan adanya pahlawan seni bela diri di China kuno.

Banyak peran Liu yang paling populer adalah dari proyek-proyek wuxia, seperti serial TV “Demi-Gods and Semi-Devils” (2003) dan “The Return of the Condor Heroes” (2006) .

5. Liu menyanyikan soundtrack “Powerpuff Girls” versi Jepang

Selain akting, Liu juga adalah seorang model dan dilatih secara formal memainkan piano. Dia juga memiliki karir bernyanyi dan menandatangani kontrak dengan Sony Music Entertainment Jepang pada 2005.

Setahun kemudian, dia merilis album berbahasa China dan Jepang. Lagunya “Mayonaka no Doa” menjadi soundtrack penutup di 13 episode pertama “Powerpuff Girls Z”, sebuah serial anime Jepang yang didasarkan pada acara Amerika yang populer.

Meskipun dia belum merilis album apa pun sejak 2006, Liu telah menyanyikan lagu-lagu untuk banyak filmnya sendiri, termasuk “Once Upon a Time”.

6. Tinggal dengan 30 kucing

Liu dan ibunya bekerja untuk organisasi LSM yang memungut kucing-kucing liar dan memberikan mereka rumah baru. Pernah suatu ketika dia menampung lebih dari 30 kucing di apartemennya di Beijing.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs