Sabtu, 11 Mei 2024

Presiden Berharap Batik Semakin Dikenal Dunia sebagai Brand Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan keterangan usai membuka acara Batik Indonesia yang menandai Bulan Kemerdekaan jelang HUT RI ke-74, Kamis (1/8/2019), di Stasiun MRT HI, Jakarta Pusat. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden dan Iriana Ibu Negara, Kamis (1/8/2019) pag ini menghadiri acara Batik Kemerdekaan yang digelar di Peron A Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Acara tersebut menandai dimulainya Bulan Kemerdekaan sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Rombongan Presiden dan Ibu Negara tiba di lokasi sekitar pukul 08.45 WIB. Kedatangan Jokowi dan Ibu Iriana disambut alunan lagu tradisional Batak yang dimainkan grup musik dari Sumatera Utara.

Pantauan suarasurabaya.net di stasiun MRT bawah tanah itu, berjejer 74 orang perajin batik yang sedang mengerjakan batik dengan berbagai motif dari seluruh Indonesia.

Jokowi dan Ibu Iriana lalu menyempatkan diri menggoreskan canting di atas kain, dengan motif Gurdho atau Garuda Nusantara.

Usai membatik, Presiden menjelaskan, mulai hari ini, para perajin batik mengerjakan karya dengan target sepanjang 74 meter, sesuai dengan usia Kemerdekaan Republik Indonesia, 74 tahun.

“Memasuki Bulan Kemerdekaan, bulan Agustus, di pagi hari ini, 1 Agustus 2019, kita memulai untuk membatik sepanjang 74 meter yang sesuai dengan Dirgahayu Kemerdekaan kita yang ke-74 tahun,” ujarnya di Stasiun MRT HI, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, Jokowi berharap Batik warisan Budaya Indonesia yang terdaftar di UNESCO, bisa semakin dikenal sebagai brand asli Indonesia oleh dunia internasional.

“Kita berharap warisan pusaka batik ini, yang sudah tercatat di UNESCO, bisa menjadi sebuah brand Indonesia di kancah internasional,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Kemudian, supaya Batik tetap terjaga kelestariannya, Presiden berharap proses regenerasi perajin batik dari yang sudah dewasa sampai anak-anak berjalan dengan baik.

Pada kesempatan itu, Jokowi Presiden seperti biasa memakai kemeja lengan panjang warna putih, dengan celana hitam dan sepatu kasual. Sedangkan Ibu Negara memakai baju warna putih dipadu dengan syal dan bawahan batik warna biru muda.

Sejumlah menteri terpantau turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara, antara lain Darmin Nasution Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Luhut Binsar Panjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, dan Pratikno Menteri Sekretaris Negara.

Sekadar informasi, Kementerian Sekretariat Negara sudah mengumumkan tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia; Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju. (rid/dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
28o
Kurs