Jumat, 29 Maret 2024

Ratusan Karya Kartunis Senior Semarang Bakal Dipamerkan di Belgia

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Jitet Kustana Kartunis senior Semarang. Foto: Antara

Jitet Kustana Kartunis senior Semarang akan meramaikan panggung seni Eropa dengan memamerkan ratusan karya-karyanya di Belgia, pada 27 Januari-14 April 2019.

“Sebuah kehormatan bagi saya bisa pameran di European Cartoon Center (ECC) Kruishoutem, Belgia,” kata Jitet di Semarang, Rabu (9/1/2019), seperti dilansir Antara.

Pendiri Gold Pencil Indonesia itu akan bertolak ke Kruishoutem, Belgia, pada 24 Januari mendatang untuk pembukaan pameran karyanya tersebut.

Sebagai pusat kartun di Eropa yang dibuka pada 2007, ECC menjadi tempat yang digadang sebagai surga bagi kartun, rumah bagi kartunis, dan penggemar kartun.

Selain menggelar kontes dua tahunan Euro Kartoenale, ECC juga membuka ruang untuk pameran tunggal, kuliah, dan kegiatan yang relevan dengan seni kartun.

Sosok pria kelahiran 4 Januari 1967 itu menceritakan undangan berpameran di Belgia berawal dari kiriman surat elektronik yang diterimanya dari pengelola ECC.

Melalui surat elektronik tersebut, pengelola ECC meminta Jitet untuk mengirimkan sejumlah karyanya karena mereka berminat untuk memamerkannya.

“Surat elektronik saya terima sekitar Oktober 2018. ECC minta 130 karya, dan aku kirimkan 147 karya,” kata Jitet.

Jitet mengungkapkan sebagian besar karyanya yang akan dipamerkan di Eropa nantinya merupakan karya yang pernah memperoleh penghargaan internasional.

Sampai saat ini, Jitet telah mengantongi kurang lebih 180 penghargaan kartun tingkat internasional, yang terbaru dinobatkan sebagai kartunis terbaik 2018 versi Cartoon Home Network International yang berbasis di Norwegia.

Pada pameran di Belgia nanti, Jitet bakal berduet dengan kartunis asal Portugal, Cristina Sampaio.

Selain memamerkan karya-karya kartun terbaiknya, Jitet dalam lawatan ke Belgia kali ini juga bakal terlibat dalam penjurian even kartun Euro Kartoenale yang mengangkat tema “The Wall”. (ant/dim/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs