Kamis, 28 Maret 2024

Lima Nutrisi yang Paling Sering Tak Terpenuhi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Bayam, sumber vitamin K2

Makan makanan bergizi dan berimbang secara konsisten, Anda bisa mendapatkan seluruh nutrisi yang Anda perlukan untuk kesehatan. Namun, pada kenyataanya seringkali ada zat-zat gizi yang kurang terpenuhi.

Berikut lima di antaranya, seperti dilansir Antara mengutip dari Medical Daily:

1. Vitamin K2

Vitamin ini salah satu yang paling sering kurang terpenuhi, padahal penting untuk menjaga jaringan-jaringan lunak di tubuh, lalu bagi ibu hamil. Vitamin ini bisa didapatkan dari produk susu, sayuran seperti kale, bayam, bit hijau dan sawi hijau.

2. Vitamin D

Vitamin ini tubuh perlukan sebagai pasukan bantuan menjaga sistem kekebalan dan membantu pertumbuhan tulang. Karena vitamin D tak selalu tersedia langsung, secara sederhana Anda bisa memilih suplemen. Namun pastikan jumlahnya 2000 IU per hari.

3. Serat

Serat bermanfaat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Demi memastikan Anda tak kekurangan zat gizi ini, pastikan mengonsumsi sayuran berdaun dan keluarga cruciferous seperti brokoli, kembang kol dan kol.

4. Asam lemak omega-3

Lemak ini penting untuk kesehatan jantung. Anda bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari ikan, minyak zaitun, biji-bijian dan alpukat.

5. Magnesium

Magnesium terlibat banyak dalam reaksi biokimia dalam tubuh. Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs