Senin, 15 Agustus 2022

Parasite Pecahkan Rekor Film Asing Pertama yang Raih Best Picture di Oscar

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Sutradara asal Korsel Bong Joon Ho (kanan) meluapkan kegembiraannya saat menerima Piala Oscar kategori Film Terbaik atas film besutannya berjudul "Parasite" pada ajang Academy Awards ke-92 di Los Angeles, California, AS, Minggu (9/2/2020). Foto: Reuters/Mario Anzuoni

Parasite menjadi film berbahasa asing pertama yang berhasil meraih Oscar untuk kategori Best Motion Picture atau Film Terbaik di Academy Awards 2020, Los Angeles, Minggu (9/2/2020) waktu setempat, tak hanya itu mereka juga membawa pulang tiga piala lainnya.

Sutradara Bong Joon-ho berhasil mendapat Best Director dan Best Original Screenplay bersama Han Jin-won .Parasite juga membawa pulang Oscar untuk kategori Best International Feature sehingga total mendapatkan empat piala Oscar.

“Saya tidak bisa berkata-kata. Kami tidak pernah membayangkan ini terjadi, kami sangat bahagia. Saya merasa seperti momen yang sangat tepat dalam sejarah yang terjadi saat ini,” ujar Kwak Sin-ae produser Parasite dilansir The Hollywood Reporter yang dikutip Antara, Senin (10/2/2020).

“Saya mengucapkan terima kasih dan rasa hormat terdalam saya untuk semua anggota Academy telah membuat keputusan ini,” lanjutnya.

Sebelumnya, Bong Joon-ho menerima Oscar untuk Best Director atau Sutradara Terbaik. Dia mengaku tidak pernah menyangka bisa meraih piala Oscar untuk kerja kerasnya.

“Setelah memenangkan Best International Feature, saya pikir saya sudah selesai untuk hari itu dan bersiap untuk santai. Masuk dalam nominasi saja sudah menjadi suatu kehormatan besar. Saya tidak pernah berpikir saya akan menang,” kata Bong Joon-ho.

Dalam nominasi Best Motion Picture, Parasite mengalahkan 1917, Ford v Ferrari, The Irishman, Jojo Rabbit, Joker, Little Women, Marriage Story dan Once Upon a Time in Hollywood.

Parasite adalah film berbahasa asing kesebelas yang dinominasikan untuk Best Motion Pictures dan keenam yang dinominasikan untuk Best International Feature yang dulunya dikenal dengan Best Foreign Language Film sekaligus dengan Best Motion Pictures di tahun yang sama.

Lima film sebelumnya adalah Z (1969), Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000), Amour (2012) dan Roma (2018). Namun kelimanya tidak ada yang berhasil membawa piala Best Motion Pictures.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Senin, 15 Agustus 2022
27o
Kurs