Selasa, 31 Maret 2020

Usulan Pendirian Patung dan Museum Bong Joon Ho

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Bong Joon Ho sutradara asal Korea Selatan berpose dengan Piala Oscar yang berhasil diraih film besutannya berjudul "Parasite" pada ajang Academy Awards ke-92 di Los Angeles, California, AS, Minggu (9/2/2020). Foto: Reuters/Eric Gaillard

Kandidat politik konservatif di Kota Daegu, Korea Selatan telah mengusulkan museum dan patung untuk sutradara Bong Joon Ho setelah empat kemenangan Parasite di Academy Awards 2020.

Dilaporkan Indie Wire yang dilansir Antara, Minggu (16/2/2020), kelompok tersebut juga menginginkan agar Daegu mengganti nama sebuah jalan di sana sebagai bentuk penghormatan sienas itu.

Bong sendiri lahir di Daegu pada tahun 1969 dan tinggal di sana sebelum keluarganya pindah ke Seoul ketika dia masih di sekolah dasar.

Usulan untuk mendirikan patung Bong Joon Ho dinilai sebagai semacam perubahan kecepatan bagi kaum konservatif dan hubungan mereka dengan pembuat film.

Oscar dinilai telah mengubah citra Bong menjadi seorang yang bersinar dan lebih disukai di antara peserta lain yang ada di sana.

Parasite memenangkan empat Academy Awards, termasuk Best Picture dan Best Director. Ini adalah Oscar pertama yang diberikan kepada film Korea Selatan dalam sejarah 92 tahun Academy Awards.

Park Yong-chan, juru bicara Partai Korea Selatan sayap kanan mengatakan, Parasite telah menulis sejarah baru. Film tersebut adalah pencapaian monumental yang menyebarkan kekuatan film dan budaya Korea Selatan di seluruh dunia.

Satu hal yang pasti terjadi setelah kemenangan Parasite adalah Bong bergabung dengan The Criterion Collection di akhir tahun ini.(ant/tin)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Truk Terguling di Karang Pilang

Biasanya Berjubel, Kini Sunyi

Surabaya
Selasa, 31 Maret 2020
32o
Kurs